Identifikasi Minat Member Fitness dalam Aktivitas Kelas Latihan Fisik di Mega Gym Fitnation Kota Semarang
Keywords:
Urban Sport, Klub Kebugaran, Psikologi OlahragaAbstract
Kecenderungan pada objek tertentu tidak terkecuali pada
aktivitas fisik yang mana sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehat bisa
diartikan sebagai bagian dari minat dalam psikologi olahraga. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisa bagaimana
perbedaan minat member di pusat kebugaran Mega Gym FitNation Kota
Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan
menggunakan metode survey. Angket (Google Forms) yang telah
mendapatkan persetujuan ahli, digunakan untuk kebutuhan pengumpulan
data. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik distribusi
frekuensi percentage correction. Total subjek adalah 48 orang, terdiri dari
laki-laki n=9 (18.75%) dan perempuan n=39 (81.25%). Minat member
laki-laki dalam melaksanakan kelas aktifitas fisik tersebar dalam empat
kategori, yaitu: 1) sangat tinggi 77,78%, 2) tinggi 11,11%, 3) rendah
11,11%, dan tidak ada member laki-laki yang memiliki minat sangat
rendah. Sedangkan member perempuan, hanya 06,27% yang memiliki
minat sangat tinggi, 38,36% minat tinggi, 53,28% minat rendah, bahkan
ada 02,09% yang memiliki minat sangat rendah. jumlah partisipasi pada
kelas latihan fisik masih didominasi oleh perempuan, namun demikian,
mayoritas subjek laki-laki memiliki minat yang sangat tinggi. Sedangkan
dari sepuluh kelas latihan fisik, urutan terfavorit adalah Zumba,
Bodycombat, Bodypump, RPM, Functional Fit, Pilates, Pound Fit,
Strongnation, TRX, Dan Yoga. Oleh karena faktor internal yang
mempengaruhi minat sulit untuk dikontrol, maka standar minimal fasilitas
selalu dijaga, dan sebisa mungkin menciptakan suasana yang nyaman
adalah sebuag upaya untuk menjaga atau meningkatkan minat member
fitness bisa terwujud.