Analisis Kepuasan Mitra Luar Negeri terhadap Kinerja Kerjasama Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES

  • Fatona Suraya Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
  • Mahalul Azam Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
  • Heny Setyawati Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
  • Nguyen Tra Giang Bangkokthunbury University
  • Rivan Saghita Pratama Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
  • Lukman Fauzi Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
  • Ricka Ulfatul Faza Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
  • Rizki Fahimatul Husna Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
  • Risky Vidiana Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
  • Aderaya Sasongko Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
Keywords: pengawasan, controlling, manajemen olahraga, kualitas layanan

Abstract

Controlling atau fungsi pengawasan merupakan salah satu fungsi manajeman
olahraga guna memastikan bahwa kinerja para sivitas olahraga berjalan sesuai dengan
rencana. Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) dengan visinya sebagai Fakultas Ilmu
Keolahragaan yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional dibidang
keolahragaan, kesehatan masyarakat, dan gizi pada tahun 2024; senantiasa
bersinergi melalui Gugus Kerjasama (GKS) FIK UNNES dalam memberikan
kontribusi dibidang olahraga dan Kesehatan masyarakat baik bagi masyarakat dalam
negeri maupun luar negeri. Salah satu wujud implementasi fungsi pengawasan kinerja
Kerjasama FIK UNNES adalah dengan mengetahui kepuasan mitra menggunakan
indeks kepuasan mitra. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana tingkat
kepuasan mitra luar negeri FIK UNNES dalam menjalin Kerjasama dengan FIK
UNNES dibidang joint webinar, joint research, students exchange, PKL, KKN,
dan PPL Luar Negeri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif
dengan menyebarkan angket. Angket disusun merujuk pada 10 indikator kualitas
pelayanan. Sebanyak 79 mitra luar negeri FIK UNNES berpartisipasi dalam mengisi
kuesioner. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa persepsi mitra luar negeri
FIK UNNES terhadap kualitas layanan FIK yang meliputi reliability,
responsiveness, competence, access, courtesy, communication, credibility, security,
understanding, dan tangibles berada dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan
bahwa FIK UNNES dipandang telah memberikan pelayanan yang maksimal
terhadap mitra luar negeri. Hal ini diharapkan berdampak positif pada implementasi
kerjasama sehingga mitra akan dengan senang hati menyebarluaskan berita baik
terkait FIK UNNES dan melanjutkan kerjasama yang positif dengan FIK UNNES

Published
2022-06-27