TPACK sebagai Solusi Guru PJOK untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di Era Pandemi Covid-19

  • Ari Mecky Prawira Ketaren Pascasarjana, Universitas Negeri Medan
Keywords: Covid, TPACK

Abstract

COVID-19 merupakan wabah penyakit yang berasal dari Tiongkok yang menyebar
dengan cepat ke seluruh dunia. COVID-19 menyebar di Indonesia pada awal Maret 2020.
Penyebaran virus ini menyebabkan kerugian untuk banyak negara terutama dalam bidang bidang
pendidikan, oleh karena itu TPACK sebagai solusi guru PJOK untuk meningkatkan hasil belajar
siswa di era pandemi covid’19 yang dilakukan secara daring. TPACK merupakan kerangka
teoritis untuk mengintegrasikan teknologi, pedagogik, dan materi seperti powerpoint interaktif.
Peneliti mengumpulkan data melalui observasi wawancara, survei dan metode blended learning.
Penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 106790 Sei Mencirim Tahun Ajaran 2021/2022.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Yaitu dengan mengambil dua kelas
yang diajarkan dengan guru yang sama. Kondisi awal diperoleh dari ulangan harian 1 (pretest)
dengan nilai rata-rata 68,50 sebagai kelas eksperimen, Sedangkan kelas kontrol diperoleh 66,20.
Dengan menguasai TPACK guru PJOK dapat menyajikan pembelajaran yang berbasis TPACK
dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari dan menjadi solusi terbaik ketika pembelajaran
dilakukan secara daring serta sesuai dengan revolusi industri 4.0

Published
2022-06-27