Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Renang Gaya Dada dengan Menggunakan Alat Bantu Pada Siswa Kelas Xi Madrasah Aliyah Swasta Zending Islam Indonesia TP. 2019

  • Ignasius Ivan Kurnia Ndruru Pendidikan Olahraga, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia (UPMI) Medan
  • Dicky Edwar Daulay Pendidikan Olahraga, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia (UPMI) Medan
Keywords: Renang Gaya Dada, Alat Bantu Berupa Papan Peluncur, Bantuan Teman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya
Dada Dengan Menggunakan Alat Bantu pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Zending Islam
Indonesia, di Kolam Renang Selayang Medan. Penelitian ini disebabkan untuk melihat peningkatan Hasil
Belajar Renang Gaya Dada Dengan Menggunakan Alat Bantu pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah
Swasta Zending Islam Indonesia, yang latihan di kolam renang selayang medan. Metode penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan alat bantu (papan peluncur), dokumentasi dan observasi.
Penelitian ini berlangsung dari tanggal 26 Agustus -28 Agustus 2019, yang bertempat dikolam renang
selayang medan. Subjek penelitian berjumlah 16 orang siswa dan 1 orang guru olahraga. Hasil penelitian
ini menunjukan: (1). Rencana Proses Latihan di kolam renang selayang medan dikatakan baik, (2). Upaya
Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Dada Dengan Menggunakan Alat Bantu (papan peluncur)
berjalan dengan baik tanpa ada halangan dan hambatan, (3). Penyusunan teknik dasar renang gaya dada,
mulai dari Gerakan Meluncur, Gerakan tangan, Gerakan kaki, Pengambilan Pernapasan dan koordinasi
gerakan terdapat sedikit masalah dikarenakan sebagian siswa tidak bisa mengambil pernapasan didalam
air. (4). Evaluasi dari hasil akhir latihan renang gaya dada dengan menggunakan alat bantu dapat
meningkatkan renang gaya dada pada siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu, siswa dapat mengalami
peningkatan dan kemajuan renang gaya dada dengan menggunakan alat bantu (papan peluncur) baik dari
gerakan meluncur, Gerakan tangan, Gerakan kaki, Pengambilan Pernapasan maupun koordinasi gerakan.
Peningkatan dan kemajuan siswa dapat dilihat dari hasil mengunakan alat bantu (papan peluncur),
sehingga dapat meningkatkan renang gaya dada pada siswa

Published
2022-06-27