Identifikasi Kualitas Pembelajaran PJOK Pada Sekolah Dasar Negeri Inklusi Berdasarkan Perspektif Wali Murid
Keywords:
Kualitas Pembelajaran, PJOK, Sekolah Dasar Inklusi, Wali MuridAbstract
Pelaksanaan pembelajaran selama pandemi covid-19 yang
dilaksanakan secara dalam jaring menuntut perubahan dari segala aspek
pembelajaran. Hal ini menjadi tantangan tersendiri, terlebih bagi kelas
inklusi dimana peserta didik berkebutuhan khusus membutuhkan
pendampingan dan perhatian lebih dalam mengikuti proses
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
kualitas pembelajaran PJOK pada sekolah dasar negeri inklusi selama
pandemi covid-19 berdasarkan persektif wali murid. Metode penelitian
menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan data
menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada wali murid. Pemilihan
sampel sekolah dasar negeri inklusi menggunakan teknik random
sampling dan didapatkan 20 wali murid dari 10 sekolah dasar negeri
inklusi. Kuesioner yang telah divalidasi oleh ahli berkaitan dengan
kualitas pembelajaran PJOK di kelas inklusi. Hasil penelitian
menunjukkan indikator pelayanan sekolah terhadap peserta didik
berkebutuhan khusus, pelayanan guru PJOK terhadap peserta didik
berkebutuhan khusus, proses pembelajaran PJOK, kurikulum, evaluasi,
dan peran wali murid sebagai pendamping belajar selama pandemi,
semua dalam kategori sangat baik. Meskipun pembelajaran dilakukan
secara daring, namun tidak menurunkan kualitas pelayanan dan
pembelajaran PJOK pada kelas inklusi jenjang sekolah dasar tetap
berjalan dengan baik.