Implementasi Pengembangan Keterampilan Gerak Dasar Di Taman Kanak-Kanak Budi Luhur Cilacap Berbasis Physical Literacy

  • Aris Fajar Pambudi PGSD Penjas, Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: Gerak Dasar, Taman Kanak-kanak, Physical Literacy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan
implementasi keterampilan gerak dasar di Taman Kanak-Kanak Budi Luhur
Kabupaten Cilacap berbasis physical literacy. Konsep physical literacy
adalah landasan yang kuat untuk anak agar mampu berpartisipasi dan
memiliki keunggulan dalam aktivitas fisik dan olahraga. Physical literacy
memberikan pemahaman pentingnya gerak dilakukan. Metode penelitian
menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain quasi eksperimen
dengan one group post test design. Instrumen menggunakan lembar
penilaian keterlaksanaan yang telah divalidasi ahli. Populasi menggunakan
siswa TK Budi Luhur Cilacap sejumlah 45 siswa dan sampel diambil
dengan teknik purposive sejumlah 15 siswa. dan Teknik analisis data
menggunakan deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan
Pengembangan keterampilan gerak dasar siswa taman kanak kanak berbasis
physical literacy menunjukkan bahwa: (1). Dapat diketahui implementasi
keterampilan gerak dasar di Taman Kanak-Kanak Budi Luhur Kabupaten
Cilacap berbasis physical literacy dengan hasil sangat baik skor 9,25 atau
93% terlaksana. (2). Pengembangan gerak dasar pada taman kanak-kanak
berbasis physical literacy sebagai salah satu alternatif bagi anak TK dalam
proses perkembangan sistem gerak secara terstuktur dan sistematis.
Kesimpulan dalam penelitian ini, bahwa pengembangan keterampilan gerak
dasar siswa taman kanak kanak berbasis physical literacy di TK dapat
terlaksanakan dengan sangat baik.

Published
2022-06-27