Model Pembelajaran Gerak Dasar Berbasis Permainan Pada Anak Usia 7-9 Tahun Di Sd Alchasannah Jakarta Barat

  • Hernando Dwi Prasetyo Pendidikan Jasmani, Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Gerak Lokomotor, Permainan, Sekolah Dasar

Abstract

Pembelajaran gerak dasar lokomotor bukan merupakan hal yang baru dalam proses pembelajaran,
tetapi dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani model pembelajaran gerak dasar lokomotor belom
banyak yang memvariasikannya, bahkan kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah
sehingga guru terbatas ketika menyampaikan materi, sehingga membuat siswa kelas bawah sekolah dasar
tersebut tidak memahami dan merasa pembelajaran tersebut membosankan. Maka dari itu tujuan penelitian
ini adalah membuat Model Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Berbasis Permainan pada Anak usia 7-
9 tahun Di Sd Alchasannah yang menggunakan model dan sarana yang cocok untuk siswa kelas bawah
sekolah dasar, tidak lupa juga memperhatikan keselamatan siswa dengan cara menggunakan permainan
agar tidak monoton dan alat yang aman dan ramah bagi siswa kelas bawah sekolah dasar. Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian yaitu, penelitian di pengembangan (research and development) dengan
model ADDIE, dimana terdapat 5 tahapan dalam model ADDIE, yaitu analisis, desain, pengembangan,
implementasi, evaluasi. Kelebihan dari model ADDIE ini adalah sangat akurat karena setiap tahap uj
cobanya selalu dilakukan analisi, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi secara menyeluruh,
model yang dikembangkan dalam penelitian ini berjumlah 10 model yang layak dan telah diuji coba ahli.
Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini bertujuan untuk digunakan oleh pendidik sebagai pedoman
bagi para pendidik dalam memberika materi gerak dasar lokomotor

Published
2022-06-27