Pengaruh Gaya Mengajar Latihan Terhadap Gerak Dasar Backhand Drive Permainan Tenis Meja Pada Siswa Smp Negeri 4 Tondano
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah pemberian gaya mengajar latihan berpengaruh
terhadap gerak dasar backhand drive permainan tenis meja pada siswa SMP Negeri 4 Tondano. Penelitian
ini bertujuan untuk menguji rata-rata skor gerak dasar backhand drive dalam perminan tenis meja pada
siswa SMP Negeri 4 Tondano. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen.
Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tondano
berjumlah 210 siswa. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri
4 Tondano yang berjumlah 30 orang siswa yang diambil menggunakan simple random sampling. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah tes gerak dasar backhand drive dalam permainan tenis meja. Hasil analisis
statistic dengan menggunakan statistic uji t, diperoleh thitung senilai 3.72. Berdasarkan tabel distribusi t pada
∝ 0,05 dengan derajat kebebasan n1 + n2-2 =15 + 15 – 2 = 28 maka diperoleh ttabel senilai 2.048. Jadi thitung
lebih besar dari ttabel, yaitu thitung = 3.72 > ttabel = 2.048. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan gaya mengajar latihan terhadap gerak dasar backhand drive
permainan tenis meja siswa SMP Negeri 4 Tondano