Pengaruh Metode Intruksi Verbal Terhadap Keterampilan Servis Bawah Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Sma Negeri I Langowan
Keywords:
Intruksi Verbal, Servis Bawah, Bola VoliAbstract
. Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh metode instruksi verbal terhadap
ketrampilan servis bawah dalam permainan bolavoli pada siswa SMA Negeri I Langowan. Tujuan
Penelitian : Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh metode instruksi verbal terhadap keterampilan servis
bawah dalam permainan bola voli pada Siswa SMA Negeri I Langowan. Hipotesa Penelitian: Terdapat
pengaruh metode instruksi verbal terhadap keterampilan servis bawah dalam permainan bola voli pada
Siswa SMA Negeri I Langowan. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan
perlakuan berupa program latihan yang diberikan selama delapan minggu. Populasi adalah seluruh Siswa
Putera Kelas XI SMA Negeri I Langowan sebanyak 32 orang kemudian dibagi menjadi dua kelompok
masing-masing 10 orang kelompok eksperimen dan 10 orang pada kelompok kontrol. Instumen
pengumpulan data : “Tes Servis Dalam Permainan Bola voli.” Rancangan penelitian menggunakan :
randomized control groups pre-test and post-test design. Pengujian hipotesa menggunakan teknik statistik
dengan Uji t. Hasil analisis hipotesa, diperoleh t observasi senilai 8,77, sedangkan t tabel yang diperoleh
dari derajat kebebasan n1 + n2 – 2 yaitu 10 + 10 – 2 = 18 dan taraf keyakinan
= 0,05 adalah 1,73. Sesuai
dengan kriteria pengujian terima Ho jika t observasi lebih kecil dari t tabel dan tolak Ho jika t observasi
lebih besar dari t tabel. Oleh karena t observasi lebih besar dari t tabel maka hasil analisis menunjukkan
tolak Ho dan terima Ha. Kesimpulan penelitian : Metode instruksi verbal yang diberikan selama delapan
minggu dengan frekuensi tiga kali seminggu dapat meningkatkan keterampilan servis bawah dalam
permainan bola voli pada Siswa SMA Negeri I Langowan