Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Di Kota Manado
Keywords:
Pedagogic, Motivasi & Kinerja Guru PenjasAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan data emperik tentang pengaruh
kompetensi pedagogik dan motivasi kerja dengan kinerja guru-guru pendidikan jasmani sekolah dasar di
Kota Manado. Metode yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan pendekatan deskriptif
dan asosiatif. Dalam penelitian ini untuk memberikan gambaran secara deskriptif tentang masing-masing
variabel serta menjelaskan kontribusi atau pengaruh antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya.
Populasi adalah seluruh guru-guru pendidikan jasmani SD Negeri dan swasta di Kota Manado tahun
pelajaran 2019/2020 sebanyak 103 guru Penjas. Sampel sebesar (n) = 55 guru Penjas, teknik penarikan
sampel dengan “simple random sampling”. Instrument dan teknik pengumpulan data adalah tekhnik
angket (kuesioner) yang disusun dengan sejumlah pernyataan menggunakan skala Likert. Yang selanjutnya
data diolah dengan menggunakan pendekatan statistic parametric, yakni analisis korelasi dan regresi
sederhana serta analisis regresi dan korelasi ganda. Hasil yang diperoleh adalah; (1) terdapat pengaruh
antara kompetensi pedagogic terhadap kinerja guru-guru pendidikan jasmani sekolah dasar di Kota
Manado. (2) terdapat pengaruh antara motivasi kerja terhadap kinerja guru-guru pendidikan jasmani
sekolah dasar di Kota Manado. (3) terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogic dan motivasi kerja
secara bersama-sama terhadap kinerja guru-guru pendidikan jasmani sekolah dasar di Kota Manado.