Penggunaan Video Reflektif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menjelaskan Pada Mata Kuliah Microteaching: Persepsi Mahasiswa Penjaskesrek

  • I Ketut Semarayasa Unversitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Putu Spyanawati Unversitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Satyawan Ketut.semarayasa@undiksha.ac.id
Keywords: Keterampilan Menjelaskan, Mahasiswa, Mikro Teaching, Video Reflektif

Abstract

Keterampilan menjelaskan merupakan salah satu keterampilan mengajar yang
penting untuk dikuasai oleh calon guru, termasuk calon guru Pendidikan Jasmani
Kesehatan (PJOK). Penelitian terkait dengan upaya peningkatan keterampilan
menjelaskan calon guru telah banyak dilakukan. Akan tetapi, belum banyak penelitian
yang mengkaji penggunaan video reflektif untuk meningkatkan keterampilan
menjelaskan calon guru PJOK. Untuk mengisi kesenjangan empiris ini, kami melakukan
penelitian yang bertujuan untuk memaparkan persepsi mahasiswa Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) tentang penggunaan video reflektif untuk
meningkatkan keterampilan menjelaskan pada mata kuliah micro teaching.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi
kasus. Subyek penelitian ini adalah empat orang mahasiswa yang mengambil mata kuliah
mikro teaching. Pemilihan keempat mahasiswa ini dilakukan dengan menggunakan
teknik purposive sampling. Data penelitian diambil dengan menggunakan metode
observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan analisis tematik reflektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memandang bahwa video reflektif
mampu membantu mereka untuk meningkatkan keterampilan menjelaskan mereka.

Published
2022-06-27