ANALISA TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN MAHASISWA PRODI ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

  • Fatah Nurdin
Keywords: Kepuasan Pelanggan, Pelayanan, Tingkat kepentingan dan performance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat kepentingan atau harapan pelanggan (mahasiswa) dengan tingkat pelayanan atau kinerja dari pengelola jasa (program studi) sehingga dapat mengindikasikan sejauh mana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap program studi ilmu keolahragaan. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dan penyajian data secara deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang mahasiswa.  Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan statistika deskriptif dan analisa tingkat kepentingan dan kinerja. Hasil penelitian yaitu, Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap program studi ilmu keolahragaan, didapat sebesar 66.3 %. Analisa dilakuakan pada lima dimensi yaitu didapat: Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap keandalan pelayanan program studi ilmu keolahragaan sebesar 59 %. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap ketanggapan pelayanan program studi ilmu keolahragaan sebesar 64.4 %.  Pada dimensi keyakinan pelayanan, tingkat kepuasan terhadap keyakinan pelayanan program studi ilmu keolahragaan sebesar 74.2 %. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan program studi ilmu keolahragaan dari sisi empati didapat sebesar 63.2 % dan pada dimensi berwujud, tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan program studi ilmu keolahragaan didapat sebesar 73.6 %.

Published
2018-11-01