PERSEPSI GURU NON - PENJAS TERHADAP KOMPETENSI SOSIAL MAHASISWA PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR FIK UNJ DI SEKOLAH SMP N 139 JAKARTA TIMUR

  • Taufik Rihatno
Keywords: Persepsi, Guru Non-Penjas, Kompetensi Sosial, Praktik Keterampilan Mengajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai persepsi guru non-penjas terhadap kompetensi sosial mahasiswa PKM Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta di sekolah SMPN 139 Jakarta Timur. Untuk menggali data yang nantinya dipakai dalam menganalis berbagai informasi-informasi dari penelitian ini, peneliti menggunakan metode survey, yaitu dengan cara menyebarkan angket yang berisi pernyataan yang kemuadian dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Persepsi guru non-penjas terhadap kompetensi sosial pada kemampuan interaksi mahasiswa PKM penjas di SMPN 139 sebesar 44 % dengan kriteria baik. 2) Persepsi guru non-penjas terhadap kompetensi sosial pada kemampuan bergaul mahasiswa PKM penjas di SMPN 139 sebesar 34 % dengan kriteria sangat baik. 3) Persepsi guru non-penjas terhadap kompetensi sosial pada kemampuan komunikasi mahasiswa PKM penjas di SMPN 139 46 % dengan kriteria baik. 4) Persepsi guru non-penjas terhadap kompetensi sosial pada kemampuan perhatian mahasiswa PKM penjas di SMPN 139 sebesar 40 % dengan kriteria cukup baik.

Published
2018-11-01