KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN JASMANI SMP DITINJAU DARI KECERDASAN ADVERSITY DI WILAYAH 3 KECAMATAN CIMALAKA KABUPATEN SUMEDANG

  • Wahyuningtyas Puspitorini
Keywords: Kreativitas, Adversity

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Hubungan antara  kecerdasan adversity dengan kreativitas Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Pertama Wilayah 3 Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi adalah seluruh Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Pertama yang tercatat di Wilayah 3 Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang baik Pegawai Negeri Sipil Maupun yang bukan dengan jumlah seluruh nya 51 orang Guru Pendidikan Jasmani, terdiri dari 33 PNS dan 18 non PNS. Sebagai sampel digunakan total sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrument kuesioner untuk kecerdasan adversity guru pendidikan jamani olahraga dan kesehatan dan kreativitas menggunakan non tes. Validitas instrumen menggunakan teknik Korelasi Product Moment untuk kedua variavel tersebut. Reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik korelasi sederhana, serta teknik regresi linear. Hasil penelitian menyimpulkan :terdapat hubungan positif antara kecerdasan adversity guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (X) dengan kreativitas (Y) dengan koefisien korelasi ry = 0,986 dan koefisien determinasi r2y = 97,21% dan persamaan regresi Ŷ = 34,026+0,936X.     Dengan demikian bahwa kecerdasan adversity guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan memberikan kontribusi terhadap kreativitas.

Published
2018-11-01