PEMBUATAN INSTRUMEN PENGUKURAN KONSEP DIRI GURU YANG MENGIKUTI PROGRAM SM-3T
Keywords:
Instrumen, Konsep Diri, Program SM-3TAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan instrumen baru yang dapat digunakan untuk mengukur konsep diri guru yang mengikuti program SM-3T atau Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2016-2017 di Universitas Negeri Jakarta. Sampel penelitian adalah semua populasi yaitu semua peserta Program SM-3T yang sedang mengikuti Program Pendidikan Guru atau PPG di Universitas Negeri Jakarta berjumlah 190 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Setiap peserta diminta untuk mengisi kuesioner atau angket calon guru yang terdiri dari empat dimensi yaitu: aspek fisik, aspek sosial, aspek moral, dan aspek psikis. Angket disusun berdasarkan teori Berzonsky dan Rogers dalam Juriana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 24 soal yang diujicobakan semuanya valid dengan tingkat validitas antara 0,627 dan 0,658. Sementara uji reliabilitas menggunakan alpha-cronbach memperoleh nilai r=0,651. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa instrumen konsep diri guru yang mengikuti program SM-3T dalam penelitian ini dapat digunakan untuk melakukan penilaian terhadap konsep diri calon guru yang sedang mengikuti PPG (Program Pendidikan Guru) di masing-masing LPTK.