PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SERVIS TENIS LAPANGAN BERBASIS MULTIPLE TRAINING

  • Roy Widyonarto Marison
Keywords: Servis, Tenis Lapangan, Multiple Training

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini hanya mengambil matakuliah tenis lapangan lanjutan dengan materi 8 kali pertemuan dan perwasitan 8 kali pertemuan. Fokus penelitian ini adalah tenis lapangan yang jumlah pertemuannya 8 kali. Sasaran klien atau pengguna yang menjadi sasaran dalam penelitian pengembangan model pembelajaran terhadap proses penguasaan Bermain tennis lapangan pada mahamahasiswa FIK UNJ. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah produk yang dinilai mampu meningkatkan tujuan dari pembelajaran pendidikan khususnya materi servis tenispada mahamahasiswa FIK UNJ. Model yang dirancang dan disempurnakan ini didasarkan pada kebutuhan mahamahasiswa FIK UNJ. Konsep dasar dari pembuatan model ini adalah kreatifitas modifikasi model-model pembelajaran baik dalam bentuk ermainan maupun dalam bentuk latihan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan keberhasilan pembelajaran yang dicapai melalui 7 model pengembangan pembelajaran, artinya bahwa model pembelajaran ini sudah dapat dikatakan cukup efektif dan mampu memenuhi kebutuhan pembelajaran mahamahasiswa FIK UNJ.

Published
2018-11-01