PEMBUATAN NORMA MENTAL SKILLS UNTUK ATLET PERGURUAN TINGGI
Keywords:
Norma, Mental Skills, Atlet Perguruan TinggiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan norma mental skills yang baru khusus untuk atlet perguruan tinggi, dengan harapan bahwa norma tersebut dapat digunakan sebagai acuan ketika dilakukan pengambilan data mental skills atlet yang sekaligus berstatus mahasiswa di perguruan tinggi. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2016-2017 di Universitas Negeri Jakarta. Sampel penelitian adalah atlet Klub Olahraga Prestasi atau KOP Universitas Negeri Jakarta dari 17 cabang olahraga berjumlah 405 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Setiap responden diminta untuk mengisi kuesioner mental skills adaptasi dari James E. Loehr (1986) yang terdiri dari tujuh dimensi yaitu: kepercayaan diri, energi positif, kontrol energi negatif, motivasi, konsentrasi, kemampuan visualisasi dan imajeri, serta kontrol perilaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua soal kuesioner mental skills valid dan reliabel. Sementara norma pengukuran mental skills yang yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1) skor 10-16 termasuk kategori rendah (need special attention); 2) skor 17-23 termasuk kategori sedang (room for improvement); dan 3) skor 24-30 termasuk kategori tinggi (excellent skills).