PENGARUH PEMBERIAN LATIHAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT KELOMPOK USIA 20-25 TAHUN
Keywords:
Koordinasi mata-tangan, kemampuan mengingatAbstract
. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh Latihan Koordinasi Mata-tangan terhadap kemampuan mengingat kelompok usia 20-25 tahun. Penelitian ini secara keseluruhan dilaksanakan di Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta (GIO-UNJ), Kampus B, Jl. Pemuda No. 10, Rawamangun Jakarta Timur 13220. Penelitian mengggunakan sampling mahasiswa FIO-UNJ yang rentang usianya berkisar antara 20-25 Tahun. Disain Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model Unjuk Kerja, yaitu dengan memberikan satu kali perlakuan dan langsung dilakukan tes pengaruhnya terhadap kemampuan mengingat para sample. Hasil dari penelitian ini adalah: dengan membandingkan tes awal yang dilakukan sebelum pemberian perlakuan dan tes akhir setelah mendapatkan perlakukan menunjukkan adanya peningkatan sebesar 55% (tes awal 277 poin dan penambahan jawaban pada tes akhir sebanyak 155 poin) terhadap kemampuan mengingat dalam hal sesuatu yang menyenangkan, dan peningkatan kemampuan mengingat 75% (tes awal 174 poin dan penambahan jawaban pada tes akhir sebanyak 130 poin) terhadap kemampuan mengingat dalam sesuatu yang menyedihkan.