PENERAPAN METODE BERMAIN KREATIF TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN RENANG GAYA DADA PADA SISWA KELAS III SD ISLAM AL-AZHAR KELAPA GADING JAKARTA UTARA

  • Hernawan Hernawan
Keywords: : Renang Gaya Dada, Metode Bermain Kreatif

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Kemampuan Renang Gaya Dada Pada Siswa Kelas III SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara, dan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian melibatkan 2 kolabolator dan dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Kondisi awal siswa yang diteliti belum optimal belum pembelajaran renang dan kurang aktif dalam pembelajaran. Hasil dari siklus pertama sebagai berikut: Hasil yang didapat dari proses pembelajaran adalah nilai tes rata-rata siswa adalah 75,76 dengan 20 orang (57%) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan nilai hasil materi pembelajaran adalah 55 %. Skor-skor tersebut belum mencapai standar keberhasilan yang ditentukan peneliti sehingga diperlukan siklus II untuk dapat meningkatkan kemampuan renang gaya dada Hasil dari siklus kedua yang merupakan refleksi dari siklus pertama sebagai berikut: Hasil yang didapat dari proses belajar mengajar adalah nilai tes rata-rata siswa adalah 77,43 dengan 28 orang (80%) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan prosentasi observasi langkah-langkah metode bermain kreatif juga sudah mencapai 100%. Angka-angka tersebut telah mencapai standar keberhasilan yang ditentukan peneliti dengan demikian peneliti memutuskan untuk mengakhiri tindakan pembelajaran. Berdasarkan hasil yang ada maka dapat disimpulkan bahwa metode bermain kreatif dapat meningkatkan Kemampuan Renang Gaya Dada Pada Siswa Kelas III SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara

Published
2018-11-01