MODEL GERAK DASAR MANIPULATIF BERBASIS PLAY GAMES PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR RAWAMANGUN

  • Firmansyah Dlis
Keywords: Model, Manipulatif, Play Games untuk Anak Usia Sekolah Dasar

Abstract

Objek dari penelitian ini adalah untuk melihat perkembangan gerak dasar manipulatif yang berbasis play games kepada anak usia sekolah dasar di Rawamangun.  Berdasarkan observasi awal penelitian yang dilakukan dengan model Borg dan Gall, ditemukan informasi bahwa kemampuan gerak dasar manipulatif berbasis play games dapat meningkatkan kemampuan anak-anak. Prosedur utama dalam penelitian ini adalah: (1) penelitian dan pengumpulan informasi. (2) rencana pengembangan, (3) validasi, evaluasi dan revisi dari para ahli, (4) pengimplementasian.  Uji homoginitas F-hitung (2,02) < F-tabel (5,59) Kelompok kecil (8 ). Dan kelompok besar ( 20) diperoleh  F-hitung (0,07) <F-tabel (4,38). Hasil dari perencanaan mendapatkan penilaian dari para ahli sebesar 88,8%,  hasil uji T, diperoleh  T hitung 3, 92 > T tabel  2,48 pada taraf kepercayaan α=0,05  pre-test dan post-test. Dengan demikian jika anak dibiasakan untuk latihan Gerak dasar manipulatif melalui play games  maka akan mengembangkan kemampuan gerak anak sehingga  kemampuan kinestetik’nya meningkat dalam kategori sangat bagus. Pencapaian hasil dalam penelitian ini menghasilkan sebuah system manipulatif berbasis play games. Setelah tingkat pengembangan model Borg dan Gall mendapatkan hasil dari para murid yang berada diatas standar kompetensi.

Published
2018-11-01