IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEORI PADA MATA KULIAH SOSIOLOGI OLAHRAGA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MODEL

  • Heni Widyaningsih
Keywords: Problem Base Learning (PBL), Mata Kuliah Sosiologi Olahraga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga yang mengambil mata kuliah teori yaitu Sosiologi Olahraga. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan metode eksperimen dengan menggunakan 58 orang sebangai subyek penelitian, yang terdiri dari 2 kelas yaitu prodi KKO-A 2016 dan IKOR B 2016. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah 1) mengkaji dan mengidentifikasi potensi masalah; 2) mengumpulkan data dan informasi; 3)membuat desain dan menganalisis data; 4) memecahkan masalah berdasarkan pada data yang ada dan analisisnya; 5) disain produk dan validasi produk; 6) perbaikan desain dan uji coba terhadap rencana yang ditetapkan; 7) uji coba dengan PBLĀ  dan 8) evaluasi dan analisis desain dengan PBL; 9) materi Sosiologi dengan PBL. Hasil dalam penelitian ini adalah peningkatan pada hasil belajar mata kuliah Sosiologi Olahraga untuk prodi KKO-A mengalami kenaikan sebesarĀ  6,5 % dengan rata-rata nilai sebelum menggunakan PBL sebesar 69,0 dan rata-rata nilai setelah meggunakan PBL sebesar 73,9. Sementara hasil belajar mata kuliah Sosiologi Olahraga pada prodi IKOR mengalami kenaikan sebesar 27 % dengan rata-rata nilai sebelum menggunakan PBL sebesar 57,1 dan setelah menggunakan PBL sebesar 77,0.

Published
2018-11-01