PENERAPAN PBL DENGAN KONTEKS ESD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK

Authors

  • Irsa Indriati Pratiwi Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung 40154, Indonesia
  • Agus Fany Chandra Wijaya Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung 40154, Indonesia
  • Taufik Ramlan Ramalis Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung 40154, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.01

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih banyaknya hasil belajar peserta didik yang diukur, tanpa adanya pengalaman secara mandiri yang dimiliki oleh peserta didik untuk mengkonstruk kemampuan yang mereka miliki, salah satunya yaitu kemampuan pada ranah kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif peserta didik pada materi pemanasan global, dan memprofilkan sustainability awareness dengan menerapkan model Problem Based Learning dengan konteks Education for Sustainable Development (ESD). Sintaks PBL yang digunakan yaitu 1) Orientasi peserta didik pada masalah, 2) Mengorganisasikan peserta didik pada masalah, 3) Membimbing penyelidikan individu dan kelompok, 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan 5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, yang setiap sintaksnya disertai dengan aspek Lingkungan, sosial dan ekonomi yang disesuaikan dengan materi pembelajaran. Dilakukan penelitian menggunakan metode pre-eksperimental, dengan one group pretest-posttest design pada 1 kelas XI MIPA pada SMA Negeri X di Kota Bandung. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda, lembar observasi keterlaksanaan, dan angket. Diperoleh hasil, terjadi peningkatan hasil belajar ranah kognitif pada materi pemanasan global dengan rata-rata nilai gain ternormalisasi 0,69 pada kategori sedang, dan profil sustainability awareness peserta didik dengan mean total 0,71, dan nilai mean tertinggi memprofilkan emotional awareness yaitu 0,99.

 

This research was conducted because there are still many student learning outcomes that are measured without the independent experience of students, in constructing the abilities they have one of them is the ability in the cognitive domain. This study aims to improve the cognitive learning outcomes of students in the chapter on global warming, and profiling sustainability awareness by applying the Problem Based Learning model in the context of Education for Sustainable Development (ESD). PBL syntax used is 1) Orientation of students on the problem, 2) Organizing students on the problem, 3) Guiding individual and group investigations, 4) Developing and presenting the work, and 5) Analyzing and evaluating the problem-solving process, each of which has a syntax accompanied by environmental, social and economic aspects that are tailored to the learning material. The study was conducted using the pre-experimental method, with one group pretest-posttest design in 1 class XI MIPA at X Senior High School in Bandung. The instruments used were multiple-choice questions, implementation observation sheets, and questionnaires. Obtained results, there was an increase in cognitive learning outcomes in the chapter on global warming with an average normalized gain value of 0.69 in the medium category, and students' sustainability awareness profile with a total mean of 0.71, and the highest mean value profiling emotional awareness, 0.99.

References

[1] Anonim, Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Penerbit Sinar Grafika, 2003.
[2] R. Cutting and D. Summers, Education for Sustainable Development in Further Education 1st ed, United Kingdom: Springer Nature, 2016.
[3] N. Rerung, I. L. S. Sinon, S. W. Widyaningsih, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi” in Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, vol.6, 2017, pp.47-55.
[4] A. Halim, S. Suriana, and M. Mursal, “Dampak Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Fisika,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 2017, pp. 1 - 10.
[5] N. Nurhayati and L. Angraeni, “Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa (Higher Order Thinking) dalam Menyelesaikan Soal Konsep Optika melalui Model Problem Based Learning,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 2017, pp. 119 - 126.
[6] A. P. Sari, S. Feranie, and S. Karim, “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Multirepresentasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Konsistensi Ilmiah Berbasis Multirepresentasi pada Materi Elastisitas,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 2015, pp. 45 - 50.
[7] H. Siregar, “Peranan Fisika Pada Disiplin Ilmu Teknik Kimia,” in repository.usu.ac.id, 2003.
[8] OECD, “PISA 2015 Result:Excellence and Equity in Education, PISA, OECD,” Publishing: Paris, vol. 1, 2015.
[9] Kemendikbud, Permedikbud Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK-MAK dan KI KD, Jakarta: Kemendikbud, 2013.
[10] I M. Gunamantha, “Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan: Mengapa, Apa Dan Bagaimana,” in Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, vol. 43, 2010, pp. 215-221.
[11] S. Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan 2nd ed, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
[12] W. Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan 1st ed. Jakarta: Kencana, 2006.
[13] Y. K. Sholfiani, “Keefketifan Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama,” in eprints.uny.ac.id, 2015.
[14] I. Lathifah, Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Integrasi ESD (Education for Sustainable Development) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep pada Ranah Kognitif, Bandung: Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, 2018.
[15] A. Malik, “Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 2015, pp. 9-15.
[16] M. G. Nugraha, K. H. Kirana, S. Utari, N. Kurniasih, N. Nurdini, & F. N. Sholihat, “Problem Solving-Based Experiment untuk Meningkatkan Keterampilan Penalaran Ilmiah Mahasiswa Fisika” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 2017, pp. 137-144.
[17] A. Hassan, T. A. Noordin, S. Sulaiman, “The status on the level of environmental awareness in the concept of sustainable development amongst secondary school student,” ELSEVIER Procedia Social and Behavioral Sciences 2, vol. 2, 2010, pp.1276-1280.

Downloads

Published

2019-12-24

How to Cite

Pratiwi, I. I., Wijaya, A. F. C., & Ramalis, T. R. (2019). PENERAPAN PBL DENGAN KONTEKS ESD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 8, SNF2019–PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.01