ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Authors

  • Anggia Rizki Permata Universitas Pendidikan Indonesia, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Departemen Penidikan Fisika, Jl. Dr. Setiabudhi 229 Bandung 40154, Indonesia
  • Muslim Muslim Universitas Pendidikan Indonesia, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Departemen Penidikan Fisika, Jl. Dr. Setiabudhi 229 Bandung 40154, Indonesia
  • Iyon Suyana Universitas Pendidikan Indonesia, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Departemen Penidikan Fisika, Jl. Dr. Setiabudhi 229 Bandung 40154, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.02

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan salah satu kemampuan abad 21 yaitu kemampuan berpikir kritis (critical thinking) siswa SMA pada materi Momentum dan Impuls. Subyek penelitian ini adalah siswa SMA tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 20 orang. Kemampuan berpikir kritis mengacu pada indikator kemampuan berpikir kritis Ennis (2011). Instrumen terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukan kemampuan memberikan penjelasan dasar, membangun keterampilan dasar, inferensi, membuat penjelasan lebih lanjut, strategi dan taktik. Kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah dan kemampuan membuat penjelasan lebih lanjut memiliki nilai yang lebih rendah dibandingkan kemampuan lainnya.

 

This study aims to describe one of the capabilities of the 21st century, critical thinking of high school students on momentum and impulse concepts for 2018/2019 the academic year. The subject of this study were senior high school students totaling 20 people. Critical thinking ability refers to the indicators of Ennis’s critical thinking skills (2011). The instrument consists of 25 questions with multiple choice that have been validated by experts. The results of the study show the ability to provide basic explanations, build basic skill, inference, making further explanations, strategies and tactics. Students’ critical thinking skills are still relatively low, the ability making further explanations has a lower value than other abilities.

References

[1] Kemendikbud, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum, Jakarta: Kemendikbud, 2013.
[2] Kemendikbud, Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Kemendikbud, 2003.
[3] D. Ritdamaya and A. Suhandi, “Konstruksi Instrumen Tes Keterampilan Berpikir Kritis Terkait Materi Suhu dan Kalor,” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, Vol. 2, No. 2, 2016, pp. 87-96.
[4] J. Lau and J. Chan, “What is Critical Thinking?” in https://philosophy.hku.hk/-thinkcritical/ct.php, 2018.
[5] Rahmawati, “Hasil TIMSS 2015 (Diagnosa Hasil untuk Perbaikan Mutu dan Peningkatan Capaian),” in https://puspendik. kemdikbud.go.id./seminar/upload/Hasil%20Seminar%-20Puspendik%202016/Rah mawati-Seminar%20Hasil%20TIMSS%202015.pdf., 2018.
[6] Siswoyo and Sunaryo, “High Order Thinking Skills: Analisis Soal dan Implementasinya dalam Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas”, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, Vol. 3, No. 1, pp. 11-20.
[7] Kowiyah, “Kemampuan Berpikir Kritis,” Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.3, No.5, 2012.
[8] D. J. Treffinger, dkk., Creative Problem Solving: An Introduction, Texas: Prufrock Press Inc., 2006.
[9] R. H. Ennis, “The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and abilities,” Sixth International Conference on Thinking, Cambridge, MA., 2011, pp. 1-8.
[10] S. Nurazizah, P. Sinaga, and A. Jauhari, “Profil Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi,” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, Vol. 3, No. 2, pp. 197-202.
[11] S. Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Saintifik, Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
[12] L. Nuryanti, S. Zubaidah, and M. Diantoro, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis siswa SMP,” in Jurnal pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3.2, 2018, pp. 155-158.
[13] W. Arini and F. Juliadi, “Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Fisika untuk Pokok Bahasan Vektor Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau, Sumatera Selatan,” Berkala Fisika Indonesia, 10(1), 2018.
[14] H. Fatmawati, Mardiyana, and Triyanto, “Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat (Penelitian pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014),” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 2014.
[15] M. Sari, Susiswo, T. Nusantara “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis siswa Kelas VII-D SMP Negeri 1 Gambut,” Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FKIP UN, 2018, pp. 254-264.
[16] H. Fatmawati, M. Mardiyana, and T. Triyanto, “Analisis Berpikir Kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan polya pada pokok bahasan persamaan kuadrat (penelitian pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen tahun pelajaran 2013/2014),” Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(9). 2014.
[17] N. Hestiningsih and S. Sugiharsono, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pembelajaran IPS melalui Metode Problem Solving Berbantuan Media Informasi,” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 2015, pp. 71-86.
[18] H.N. Melida, P. Sinaga, S. Feranie, “Implementasi Strategi Writing to Learn untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Hukum Newton,” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika,” 2(2), 2016, pp. 31-38.
[19] F. Bakri, S. Sunaryo, V. F. Irawan, & D. Muliyati, “E-Learning Model for Problem Based Learning on Heat and Thermodynamic Topics in High School,” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(2), 2018, pp. 101-112.
[20] I.W. Santyasa, “Model–model Pembelajaran Inovatif,” in Jurnal Prendidikan Fisika FPMIPA Universitas Pendidikan Ganesha, 2007, pp. 1-16.

Downloads

Published

2019-12-24

How to Cite

Permata, A. R., Muslim, M., & Suyana, I. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 8, SNF2019–PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.02