PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK PENGAYAAN PENGETAHUAN TENTANG APLIKASI GELOMBANG ULTRASONIK UNTUK SISWA SMA

  • Sartika Tesalonika Simanjuntak Program Studi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 13220, Indonesia.
  • Yetti Supriyati Program Studi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 13220, Indonesia.
  • Riser Fahdiran Program Studi Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 13220, Indonesia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku elektronik pengayaan pengetahuan mengenai aplikasi gelombang ultrasonik berdasarkan kompetensi 3.10 Kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Buku pengayaan yang telah dihasilkan ditulis dengan menggunakan bahasa yang komunikatif dilengkapi dengan gambar, animasi, audio, dan video sehingga buku bersifat interaktif dan menarik. Penilaian buku dilakukan dengan menggunakan angket validasi yang diadaptasi dari butir penilaian buku pengayaan yang dikeluarkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk). Berdasarkan hasil validasi kepada tim ahli bidang materi, buku ini memiliki nilai 96,25% dan berada pada kategori sangat baik. Sedangkan pada konteks media, buku ini memiliki nilai 81,5% juga berada pada kategori sangat baik.

 

This research aims to develop a knowledge-enrichment electronic book about ultrasonic wave application referring to the competence 3.10 class XI. The method is Research and Development (RnD) ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) model. The book is written in communicative languanges, with pictures, audios, and videos hence the book is interactive and interesting. The scoring system is conducted through validation survey that was adapted from enrichment book scoring system published by the Pusat Kurikulum and Perbukan (Puskurbuk). The result from Physics expert shows the book has score 96,25% in very good category. While media expert gives score 81,5% which also in very good category.

References

A. Prastowo, Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah, Depok: Prenamedia Group, 2018, pp. 27-28.

F. Bakri, R. Rasyid, and R. D. A. Mulyaningsih, “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Visual untuk Sekolah Menengah Atas (SMA),” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, Vol. 1, No. 2, 2015, pp. 67-74.

Departemen Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Buku Yang Digunakan Oleh Satuan Pendidikan, Jakarta : Depdiknas, 2016

Desnita, N. Fadilah, and E. Budi, “Pengembangan Buku Pengayaan Kajian Fisis Peristiwa Angin Puting Beliung untuk Siswa SMA,” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, Vol. 2, No. 2, 2016, pp. 97-104.

Departemen Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku, Jakarta : Depdiknas, 2008.

A. Tika, Sunardi, and Djono, “Pemanfaatan Media Buku Digital Berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran IPA,” Prosiding Seminar Pendidikan Nasional : Pemanfaatan Smartphone untuk Literasi Produktif Menjadi Guru Hebat dengan Smartphone Pascasarjana Teknologi FKIP Universitas Sebelas Maret, 2017, pp. 195-206.

S. Hayati, A. S. Budi, and E. Handoko, “Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik,” Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF 2015, 2015, 4(2), pp. 49-54.

Darien, R., Sjarkawi, and Lukman, Pengembangan E-Book Interaktif untuk Pembelajaran Fisika, Tekno-Pedagogi, 2015, 5(1), pp. 13-23.

A. H. Permana, D. Muliyati, F. Bakri, B.P. Dewi, & D. Ambarwulan, “ The development of an electricity book based on augmented reality technologies,” Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing, vol. 1157, No. 3, 2019, p. 032027.

F. Bakri, Oktaviani Marsal, and D. Muliyati, “Textbooks Equipped with Augmented Reality Technology for Physics Topic in High-School”, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 5, no. 2, 2019, pp. 113 – 122.

I. A. D. Astuti, R. A. Sumarni, and D. L. Saraswati, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android”, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 3, no. 1, 2017, pp. 57 – 62.

S. Syahrowardi and A. H. Permana, “Desain Handout Multimedia Menggunakan 3D Pageflip Professional untuk Media Pembelajaran pada Sistem Android”, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 2, no. 1, 2016, pp. 89 – 96.

H. Kurniawati, D. Desnita, and S. Siswoyo, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 3D PageFlip Fisika untuk Materi Getaran dan Gelombang Bunyi”, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 2, no. 1, 2016, pp. 97 – 102.

F. Bakri, B. Z. Siahaan, and A. H. Permana, “Rancangan Website Pembelajaran Terintegrasi dengan Modul Digital Fisika Menggunakan 3D PageFlip Professional”, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 2, no. 2, 2016, pp. 113 – 118.

D. Oktasari, H. Kuswanto, I. Ismet, and S. M.S., “The Technology Pedagogy Knowledge (TPK) Teacher Using Worksheet 3D Pageflip Professional for Promoting Argumentation Skills’ High-Schools Students in Physics Learning”, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 4, no. 2, 2018, pp. 131 – 140.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013.

Tegeh, I. M., Kirna, “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian,” Jurnal Ika Universitas Pendidikan Ganesha, 2013, 11(1), pp. 12-16.

E. Mulyatiningsih, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2012.

Published
2019-12-24
How to Cite
Simanjuntak, S. T., Supriyati, Y., & Fahdiran, R. (2019). PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK PENGAYAAN PENGETAHUAN TENTANG APLIKASI GELOMBANG ULTRASONIK UNTUK SISWA SMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 8, SNF2019-PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.03