PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN TENTANG PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA NUKLIR DILENGKAPI DENGAN AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.05Abstract
Telah dilakukan penelitian untuk menghasilkan buku pengayaan pengetahuan tentang Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir yang dilengkapi oleh Augmented Reality untuk siswa SMA. Buku yang dikembangkan dilengkapi dengan Augmented Reality yang menampilkan animasi 3D dan video, sehingga siswa dapat memvisualisasikan pemahaman dari buku pengayaan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model 4D serta tahapannya terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Materi buku berisikan tentang pendahuluan, radioaktivitas dan reaksi inti, reaktor nuklir, dan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir. Buku ditulis dengan menggunakan bahasa yang komunikatif, memberikan fakta-fakta yang menarik mengenai Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir, serta dilengkapi dengan ilustrasi dan gambar yang terintegrasi dengan aplikasi Augmented Reality yang dapat bekerja dengan baik pada smartphone dengan sistem operasi android. Instrumen validasi yang digunakan berupa kuisioner skala likert dengan responden para ahli (materi dan media) dan pengguna (guru dan siswa). Hasil validasi uji kelayakan buku pengayaan pengetahuan ini dilakukan oleh ahli materi dengan memperoleh 87,52%.
Research has been conducted to produce a knowledge-enrichment book about Nuclear Power Plant equipped with Augmented Reality for high school students. The developed book is equipped with Augmented Reality which displays 3D animations and videos, so students can visualize the understanding of the enrichment book. The method used is research and development method with a 4D model with the stages consists of Define, Design, Develop, and Disseminate. The book material contains the introduction, radioactivity and reaction of the nucleus, nuclear reactor, and Nuclear Power Plant. Books are written using communicative language, provide interesting facts about Nuclear Power Plant, and are equipped with illustrations and images that are integrated with the Augmented Reality application that can work well on smartphones with Android operating system. The validation instrument used was a Likert Scale questionnaire with respondents from experts (material and media) and users (teacher and students). The validation result of feasibility test in this knowledge-enrichment book by material expert obtained 89,33%.
References
[2] M. Yaumi, Media dan Tekonologi Pembelajaran, Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.
[3] F. Bakri, R. Rasyid, and R. D. A. Mulyaningsih, “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Visual untuk Sekolah Menengah Atas (SMA),” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, Vol. 1, No. 2, 2015, pp. 67-74.
[4] Desnita, N. Fadilah, and E. Budi, “Pengembangan Buku Pengayaan Kajian Fisis Peristiwa Angin Puting Beliung untuk Siswa SMA,” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, Vol. 2, No. 2, 2016, pp. 97-104.
[5] Puskurbuk, Pedoman Penilaian Buku Nonteks Pelajaran, Jakarta: Balitbang Kemendikbud, 2017.
[6] A. R. Saleh, “Peranan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kegemaran Membaca dan Menulis Masyarakat,” Jurnal Pustakawan Indonesia Volume 6 Nomor 1, pp. 42–49, 2016.
[7] S. Maad, Augmented Reality, Croatia: Intech, 2010.
[8] D. Ambarwulan and D. Muliyati, "The Design of Augmented Reality Application as Learning Media Marker-Based for Android Smartphone," Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, Vol. 2, No. 1, 2016, pp. 73-80.
[9] A. Dunser and A. Clurk, “An Interactive Augmented Reality Coloring Book,” in IEEE Symp. 3D User Interfaces, pp. 7–10, 2012.
[10] N. Tosun, "A Study on Reading Printed Books or E-books: Reasons for Student-Teacher Preferences," in OJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, vol. 13, 2014, pp. 21-28.
[11] M. Tanner, "Digital vs Print: Reading Comprehension and the Future of the Book," in SLIS Student Research Journal, vol. 4, 2014.
[12] I. Kholiq, “Pemanfaatan Energi Alternatif Sebagai Energi Terbarukan Untuk Mendukung Subtitusi BBM,”in Jurnal IPTEK Volume 19 Nomor 2, 2015, pp. 75–91.
[13] Hamdi, Energi Terbarukan, Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.
[14] N. T. Harjanto, “Dampak Lingkungan Pusat Listrik Tenaga Fosil dan Prospek PLTN Sebagai Sumber Energi Listrik Nasional,” Jurnal BATAN, Volume 1, Nomor 1, 2008, pp. 39–50.
[15] Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
[16] E. Mulyatiningsih, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2011.
[17] S. Maulana, D. Desnita, and R. Raihanati, “The Development of Knowledge Enrichment Books Concerning Ice and Snow Physical Studies for High-School Students”, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 2018, vol. 4, no. 2, pp. 83 - 90.
[18] H. Permana, H. P. Kencana, F. Bakri, & D. Muliyati, "The development 3-D augmented reality animation on radioactive concept," Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing, Vol. 1402, No. 6, p. 066076.
[19] W. Indrasari, W, A. S. Budi, & D. Ambarwulan, "Development ripple tank practicum module to improve the collaborative problem-solving skills with adaptive technology," AIP Conference Proceedings, AIP Publishing, Vol. 2169, No. 1, p. 020005.
[20] F. Bakri, H. P. Kencana, H. Permana, & D. Muliyati, "The 3-D animation of radiation concept using augmented reality technology," Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing, Vol. 1402, No. 6, p. 066077.
[21] F. Bakri, Oktaviani Marsal, and D. Muliyati, “Textbooks Equipped with Augmented Reality Technology for Physics Topic in High-School”, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 2019, vol. 5, no. 2, pp. 113 - 122.
[22] F. Bakri, D. Ambarwulan, & D. Muliyati, "Pengembangan Buku Pembelajaran Yang Dilengkapi Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi Dan Optik," Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 2018, 4(2).
[23] N. T. E. Hermawan, “Pengembangan Pelatihan Pengangkutan Zat Radioaktif untuk Pemangku Kepentingan yang Terkait”, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 2017, vol. 3, no. 2, pp. 191 - 196.