PENGEMBANGAN E-HANDOUT PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA UNTUK PESERTA DIDIK DENGAN GAYA BELAJAR KINESTETIK
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.07Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar fisika berupa E-Handout pada materi Gerak Harmonik Sederhana khususnya untuk peserta didik dengan gaya belajar kinestetik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) dengan Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Tahapan model pengembangan ADDIE dilakukan melalui lima tahap, yaitu Analyze, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. E-Handout ditulis dengan bahasa yang komunikatif, dilengkapi gambar, animasi dan ilustrasi yang dapat menarik peserta didik serta berisikan kegiatan belajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik kinestetik. Instrumen penilaian media didapat dari pengumpulan data berupa angket (kuisioner) dengan skala Likert. E-Handout yang dikembangkan sudah melalui tahap uji validasi dengan persentase capaian sebesar 87,85% (sangat layak) menurut Ahli Media, dan 80,54% (sangat layak) menurut Ahli Materi. Dengan demikian, Pengembangan E-Handout pada materi Gerak Harmonik Sederhana untuk Peserta Didik dengan Gaya Belajar Kinestetik layak digunakan sebagai media pembelajaran.
The purpose of this research is to develop and produce physics teaching materials in the form of electronic handout (E-Handout) on Simple Harmonic Motion material especially for students with kinesthetic learning styles. This research uses the Research and Development method (R&D) with the research and development used is the ADDIE model. The stages of the ADDIE development model are carried our through five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. E-Handout are written in communicative language, equipped with pictures, animation and illustration that can attract students and contain learning activities that are in accordance with the characteristics of kinesthetic learnenrs. The media assesment instrument obtained from data collection in the form of questionnaires with likert scale. E-Handout developed has been through a phase of validation testing with a percentage of 87,85% according to media expert and 80,54% according to material expert. Thus, the development of E-Handout on simple harmonic motion for students with kinesthetic learning styles is worth to be used as a learning media.
References
[2] S. Dzulhijah, “Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Gaya Belajar Pada Materi Suhu Dan Kalor Sma”, Jakarta, 2018.
[3] N. Muniroh. Pengembangan Handout Fisika Berbasis Advance Organizer untuk Siswa SMA Kelas X Semester Genap, Jakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta, 2016.
[4] F. Bakri, R. Rasyid, and R. D. A. Mulyaningsih, “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Visual untuk Sekolah Menengah Atas (SMA),” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, Vol. 1, No. 2, pp. 67-74.
[5] P. Pujiyanti and Y. Wiyatmo, “Pengembangan Handout Fisika Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing,” in Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2018, pp. 111-119.
[6] E. Listyaningrum, Pengembangan Bahan Ajar Handout Fisika Berbasis Visual untuk Siswa SMA Kelas XI Semester 1, Jakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta, 2013
[7] A. Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press, 2015
[8] F. D. Widayanti, “Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas,” ERUDIO (Journal of Educational Innovation), 2013, pp. 7-21.
[9] B. Deporter and M. Hernacki, Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung: Kaifa, 2016.
[10] A. Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Jogjakarta: Diva Press, 2015
[11] M. R. Taqwa, Astalini, and Darmaji, “Hubungan Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dinamika Rotasi Dan Kesetimbangan Benda Tegar Kelas XI IPA SMAN Se-Kota Jambi,” Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains, 2015, pp. 220-227.
[12] D. Yurizki, A. Halim, and Melvina, “Hubungan Antara Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Lab School Unsyiah,” Prosiding Seminar Nasional MIPA III, 2017, pp. 243-248.
[13] G. Gunawan, A. Harjono, and I. Imran, “Pengaruh Multimedia Interaktif Dan Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Kalor Siswa,” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. 12, No. 2, 2016, pp. 118–125.
[14] S. Syahrowardi and A. H. Permana, “Desain Handout Multimedia Menggunakan 3D Pageflip Professional untuk Media Pembelajaran pada Sistem Android”, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 2016, vol. 2, no. 1, pp. 89 – 96.
[15] S. Rezeki and I. Ishafit, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum”, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 2017, vol. 3, no. 1, pp. 29 – 34.
[16] I. A. D. Astuti, R. A. Sumarni, and D. L. Saraswati, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android”, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 2017, vol. 3, no. 1, pp. 57 – 62.
[17] I. A. Putri, S. Siswoyo, and W. Indrasari, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Usaha dan Energi SMA”, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 2016, vol. 2, no. 2, pp. 71 – 78.
[18] H. Kurniawati, D. Desnita, and S. Siswoyo, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 3D PageFlip Fisika untuk Materi Getaran dan Gelombang Bunyi”, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 2016, vol. 2, no. 1, pp. 97 – 102.
[19] B. R. Simanjuntak, D. Desnita, and E. Budi, “The Development of Web-based Instructional Media for Teaching Wave Physics on Android Mobile”, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 2018, vol. 4, no. 1, pp. 1 – 10.
[20] F. Bakri, S. Sunaryo, V. F. Irawan, and D. Muliyati, “E-Learning Model for Problem Based Learning on Heat and Thermodynamic Topics in High School”, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 2018, vol. 4, no. 2, pp. 101 – 112.
[21] G. A. Permatasari, E. Ellianawati, and W. Hardyanto, “Online Web-Based Learning and Assessment Tool in Vocational High School for Physics”, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 2019, vol. 5, no. 1, pp. 1 – 8.
[22] D. Muliyati, Herga Marizka, and F. Bakri, “E-Learning Using Wordpress on Physics Materials with The 5E Learning Cycle Strategy”, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 2019, vol. 5, no. 2, pp. 101 – 112.