PENGARUH PENGGUNAAN SCIENTIFIC CREATIVE CRITICAL WORKSHEET (SCCW) PADA TOPIC ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH SISWA KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.12Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menyelidiki apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Scientific Creative and Critical Worksheet (SCCW) dengan pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan penalaran ilmiah siswa pada materi alat-alat optik. 62 siswa kelas XI MIPA di Kota Cimahi ikut serta dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan Scientific Creative and Critical Worksheet (SCCW) untuk melatihkan kemampuan penalaran ilmiah pada kelas eksperimen dan LKS biasa pada kelas kontrol. Perbedaan peningkatan ini dianalisis berdasarkan pola jawaban siswa dalam mengisi SCCW (kelas eksperimen) dan mereka yang mengisi lks biasa(kelas kontrol), hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada perbedaan peningkatan pada hasil pretest-posttest kelas eksperimen yang menggunakan Scientific Creative Critical Worksheet (SCCW) dan hasil pretest-posttest kelas kontrol yang menggunakan LKS biasa. Kelas eksperimen memiliki nilai N-Gain 0.41 (kategori sedang) dan kelas kontrol memiliki nilai N-Gain 0.34 (kategori sedang). Maka Scientific Creative Critical Worksheet efektif digunakan untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif ilmiah, kritis ilmiah dan kemampuan penalaran ilmiah siswa.
The purpose of this research is to investigate whether there are some significant influence from application of Scientific Creative Critical Worksheet (SCCW) on project based learning for improving Scientific Reasoning Skill on optical instrument topic. The participant of this research were 62 students from eleventh grade science class in one of the private school in Cimahi. This research using Scientific Creative Critical Worksheet that contains problem to be solved to train Scientific Reasoning Skill for experimental class and ordinary worksheet for control class. The differences in this increase was analyzed based on the student answer on SCCW(experiment class) and ordinary worksheet(control class), the result of this research showed a significances between pretest-posttest experimental class that used Scientific Creative Critical Worksheet and control class that used ordinary worksheet. The experimental class has N-Gain value 0.41 which means it has high increase and the control class has N-Gain value 0.34 which means it has low increase. Therefore, Scientific Creative Critical Worksheet is effective to incraese Scientific Reasoning Skill.
References
[2] Hanson, S. “The Assessment Of Scientific Reasoning Skills Of High School Science Students: A Standardized Assessment Instrument”. Thesis and Disserrtations. Illinois State University. Paper 506, 2016
[3] Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 22 Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Pemerintah Republik Indonesia. 2016.
[4] Nugraha, M. G., Kirana, K. H., Utari, S., Kurniasih, N., Nurdini, N., & Sholihat, F. N. “Problem Solving-Based Experiment untuk Meningkatkan Keterampilan Penalaran Ilmiah Mahasiswa Fisika”. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), pp.137 – 144, 2017. https://doi.org/10.21009/1.03203
[5] Zulaiha, F. “Pengembangan Worksheet dan Problemsheet Berorientasi Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Multimodus Representasi untuk Pembelajaran Fisika di SMA/MA”. Tesis UPI, 2016.