MEDIA BERBASIS ARDUINO : MODEL PENGUKURAN PERCEPATAN GRAVITASI BUMI DENGAN PRINSIP GERAK JATUH BEBAS

  • Rafif Hendrawan Program Studi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 13220, Indonesia
  • Esmar Budi Program Studi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 13220, Indonesia
  • Fauzi Bakri Program Studi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 13220, Indonesia

Abstract

Telah dilakukan banyak penelitian untuk mengembangkan alat praktikum gerak jatuh bebas ini agar mendapatkan data yang akurat. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, pengukuran dan perhitungan nilai percepatan gravitasi masih dilakukan secara manual. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Alat Praktikum Gerak Jatuh Bebas yang dapat menghitung nilai percepatan gravitasi secara otomatis menggunakan perangkat Arduino bagi siswa SMA kelas X. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan model pendekatan ADDIE yang melalui lima tahapan, yaitu tahap analisis (Analyze), perencanaan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implement), dan tahap evaluasi (Evaluate). Setelah melewati tahap tersebut, telah dihasilkan produk alat praktikum gerak jatuh bebas yang dapat menghitung ketinggian, waktu, dan nilai percepatan gravitasi secara otomatis. Selain itu alat praktikum gerak jatuh bebas yang telah dikembangkan memiliki dimensi yang relatif kecil sehingga mudah disimpan dan di pindahkan. Produk yang telah dikembangkan telah diuji dan di validasi oleh beberapa ahli dan mendapatkan interpretasi sangat baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika SMA kelas X pada sub bab gerak jatuh bebas.

 

There’s been numerous research about developing this free fall experiment to make sure the data si accurate. From various research, the value of gravity is still gained from manual equation. That’s why this research is supposed to make a free fall device that can calculate the value of gravity automatically by using Arduino for grade 1 senior high school students. This research is categorized as research and development with ADDIE as the model approach. ADDIE consist of 5 steps, Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluate. After going through that phase, we’ve been succed making a free fall device that can calculate height, time, and the value of the gravity itself automatically. Other than that, this device had a relatively small dimension so that we can store it and moved it easily. This device has already been validated by some experts and categorized “very good” to be used as learning media for grade 1st senior high school.

References

T. R. Lambert, An Introduction to Microcontrollers and Embedded Systems, Alabama: Auburn University, 2018.

T. R. Lambert, An Introduction to Microcontrollers and Embedded Systems, Alabama: Auburn University, 2018.

R. B. Reese, "Improving the Effectiveness of Microcontroller Education," 978-1-4244-5855-4, vol. 10, p. 172, 2010.

V. C. P. Wulandari, "Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa," Universitas Negeri Malang, 2014.

Y. Dasriyani, "Pembuatan Set Eksperimen Gerak Jatuh Bebas Berbasis Mikrokontroler Dengan Tampilan PC," Jurnal Saintek Vol VI No 1 , pp. 84 - 95, 2014.

S. Maiyena, "Pengembangan Alat Praktikum Gerak Jatuh Bebas Menggunakan Phototransistor Untuk Pembelajaran Fisika Pada Materi Gerak Jatuh Bebas," Jurnal Saintek 9(1) , pp. 54 - 67, 2017.

H. Rosdianto, "Rancang Bangun Alat Praktikum Gerak Jatuh Bebas Dengan Stopwatch Otomatis Sederhana," Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika Vol 3 No 1 Maret 2017, pp. 20 - 23, 2017.

M. D. Gall, Educational Research, Boston: Pearson Education, Inc, 2003.

R. M. Branch, Instructional Design : The ADDIE Approach, Athens: Springer Science Corp, 2009.

Published
2019-12-27
How to Cite
Hendrawan, R., Budi , E., & Bakri, F. (2019). MEDIA BERBASIS ARDUINO : MODEL PENGUKURAN PERCEPATAN GRAVITASI BUMI DENGAN PRINSIP GERAK JATUH BEBAS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 8, SNF2019-PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.16