LEMBAR KERJA ELEKTRONIK PESERTA DIDIK DILENGKAPI SIMULASI PHET BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PADA SISWA SMA

Authors

  • Ardelia Nabila Putria Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No 1, Pulo Gadung , Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta (13220)
  • Vina Serevina Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No 1, Pulo Gadung , Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta (13220)
  • Agus Setyo Budi Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No 1, Pulo Gadung , Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta (13220)

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi dengan simulasi yang layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu tahap analisis (Analyze), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap impelementasi (Implement), dan tahap evaluasi (Evaluate). Melalui lembar kerja peserta didik yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika

 

This study aims to develop learning media in the form of worksheets guided inquiry-based learners are equipped with a decent simulation is used to support the learning process. The method of this research uses the ADDIE model which includes five stages, there are  the analysis stage (Analyze), the planning stage (Design), the development stage (Development), the implementation stage (Implement), and the evaluation stage (Evaluate). Through worksheets developed learners expected to improve the mastery of concepts of physics.

References

[1] Hanifah, "Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Sub Pokok Bahasan Kontinuitas.," Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika , pp. 60-66, 2017.
[2] D. D. Pradipta, "Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Poses sesuai Kurikulum 2013," Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika , vol. 06, no. 3, pp. 231-236, 2017.
[3] W. T. Utari, "Pengembangan LKS Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 4 Sungai Raya," Ar-Razi Jurnal Ilmiah , vol. 6, no. 1, 2018.
[4] P. Auliyani, "Penerapan LKS Berbantuan Virtual Laboratory dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa," Pillar of Physics Education, vol. 11, no. 1, pp. 65-72, 2018.
[5] Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan RnD, Bandung : Alfabeta, 2013.
[6] D. Saepuzaman and Y. Yustiandi, “Pengembangan Alat Peraga dan Lembar Kerja Percobaan Penentuan Koefisien Restitusi untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Bereksperimen”, jpppf, vol. 3, no. 2, pp. 145 - 150, Dec. 2017.
[7] H. Anis and A. M. Yusuf, “Implementasi Lembar Kerja Berbasis Pertanyaan Produktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berinkuiri Siswa SMA”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 23 - 30, Dec. 2016.
[8] S. Syahrowardi and A. H. Permana, “Desain Handout Multimedia Menggunakan 3D Pageflip Professional untuk Media Pembelajaran pada Sistem Android”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 89 - 96, Jun. 2016.
[9] H. Kurniawati, D. Desnita, and S. Siswoyo, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 3D PageFlip Fisika untuk Materi Getaran dan Gelombang Bunyi”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 97 - 102, Jun. 2016.
[10] F. Bakri, B. Z. Siahaan, and A. H. Permana, “Rancangan Website Pembelajaran Terintegrasi dengan Modul Digital Fisika Menggunakan 3D PageFlip Professional”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 113 - 118, Dec. 2016.

Downloads

Published

2019-12-27

How to Cite

Nabila Putria, A., Serevina, V., & Setyo Budi, A. (2019). LEMBAR KERJA ELEKTRONIK PESERTA DIDIK DILENGKAPI SIMULASI PHET BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PADA SISWA SMA . PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 8, SNF2019–PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.17