DESAIN DIDAKTIS PADA MATERI USAHA BERDASARKAN HAMBATAN BELAJAR SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Alfia Fitrianti Program Studi Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi 229 Bandung 40154, Indonesia
  • Parsaoran Siahaan Program Studi Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi 229 Bandung 40154, Indonesia
  • David Edison Tarigan Program Studi Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi 229 Bandung 40154, Indonesia
  • Heni Rusnayati

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.20

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya hambatan belajar yang dialami siswa kelas X pada materi usaha. Dari hasil studi pendahuluan didapatkan: 91,3% siswa tidak mampu menentukan besar usaha oleh gaya yang membentuk sudut, 100 % siswa tidak dapat mengaplikasikan persamaan matematis usaha pada bidang miring. Salah satu upaya untuk mengatasi hambatan belajar yang dialami siswa yaitu dengan menyusun suatu rancangan pembelajaran berdasarkan hambatan belajar siswa sebagai prediksi respon baik pada saat pembelajaran maupun setelah proses pembelajaran yang kemudian disebut dengan Penelitian Desain Didaktis atau Didactical Design Research (DDR). Dalam merancang desain dilakukan analisis hambatan epistimologis dan ontologis, hambatan epistomolgis digunakan tes kemampuan responden, sedangkan ontologis dianalisis melalui angket kesiapan belajar. Desain yang telah dirancang dan diimplementasikan di kelas X dalam pembelajaran yang menghasilkan: 20 % siswa tidak mampu menentukan besar usaha oleh gaya yang membentuk sudut,17 % siswa tidak dapat mengaplikasikan persamaan matematis usaha pada bidang miring. Hal ini menunjukan terjadi penurunan hambatan belajar, dengan kata lain desain didaktis yang dikembangkan pada penilitian ini mampu meminimalisir hambatan belajar.

 

This research is backed by the high learning barriers experienced by grade X students on business materials. From preliminary study results obtained: 91.3% of students are not able to determine the large efforts by the style that makes up the corner, 100% of students cannot apply mathematical equations of business to the slope. One of the challenges to overcome the learning barriers experienced by students is to arrange learning designs for learning participants in response to learning and after the learning process which is then called the Didactic Design Research (DDR). In designing design carried out analysis of epistimological and ontological barriers, the resistance of Epistomolgis used test of respondents ability, while ontologically analyzed through the questionnaire of learning readiness. Design that has been designed and implemented in class X in learning that generates: 20% of students are not able to determine the effort of the style of the force forming an angle of 17, 10% of students are not able to apply mathematical equations of business on slope. This indicates a decline in learning barriers, in other words the didactical design developed in the study was able to minimize learning barriers.

References

[1] Dahar, Ratna Wilis. (2011). Teori-Teori Belajar. Bandung: Erlangga
[2] Sudjana. Nana. (1991). Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran. Jakarta ; Lembaga Penerbit Fak. Ekonomi UI
[3] Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
[4] Suryadi, D. dkk. (2011). Model Antisipasi dan Situasi Didaktis dalam Pembelajaran Matematika Kombinatorik Berbasis Pendekatan Tidak Langsung. Bandung: FPMIPA UPI
[5] Marieta, W. F. D., Rusnayati, H., & Wijaya, A. F. C. (2016). Desain Didaktis Konsep Gradien Grafik v(t) sebagai Percepatan atau Perlambatan berdasarkan Hambatan Belajar Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 105 - 112. https://doi.org/10.21009/1.02214
[6] Rusnayati, H., Stefani, R., & Wijaya, A. F. C. (2015). Desain Didaktis Pembelajaran Konsep Energi dan Energi Kinetik Berdasarkan Kesulitan Belajar Siswa pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 69 - 76. https://doi.org/10.21009/1.01110
[7] Susana, S., & Sriyansyah, S. (2015). Analisis Didaktis Berdasarkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kalor. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 39 - 44. https://doi.org/10.21009/1.01207
[8] Suryadi, D & Suratno T. (2016). Monofgraf Didactical Design Research. Bandung: Rizqi Press

Downloads

Published

2019-12-27

How to Cite

Fitrianti, A., Siahaan, P., Edison Tarigan, D. ., & Rusnayati, H. (2019). DESAIN DIDAKTIS PADA MATERI USAHA BERDASARKAN HAMBATAN BELAJAR SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 8, SNF2019–PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.20