PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATERI GELOMBANG BERJALAN DAN GELOMBANG STATIONER

  • Cika Kalista Adinda Program Studi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 13220, Indonesia, Jl. Rawamangun Muka, RT.11/RW.14, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
  • Siswoyo Siswoyo Program Studi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 13220, Indonesia, Jl. Rawamangun Muka, RT.11/RW.14, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
  • Cecep E. Rustana Program Studi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 13220, Indonesia, Jl. Rawamangun Muka, RT.11/RW.14, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile learning pada materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner yang layak dalam pembelajaran di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Langkah-langkah pengembangan ADDIE adalah analyze, design, develop, implementation dan evaluate. Media yang dihasilkan berupa aplikasi dapat digunakan pada perangkat Android dengan nama  “Dynary Waves”. Aplikasi ini terdiri dari 4 pilihan menu utama, yaitu kompetensi, peta konsep, materi, dan kuis. Pada aplikasi ini dilengkapi juga dengan GAMBAR, grafik, animasi, simulasi dan video. Hasil validasi produk oleh ahli materi memiliki persentase 87.11%, ahli media 76.25%, serta hasil uji coba produk oleh guru fisika SMA sebesar 91.91% dan oleh siswa sebesar 85.40% yang termasuk dalam interpretasi layak. Sehingga aplikasi Dynary Waves pada materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner layak dalam pembelajaran fisika di SMA.

 

The purposed of this research is to developing a worthy instructional media based on mobile learning in dynamic wave and stationary wave for high school students. The research method used is research and development with ADDIE models. The developing steps of ADDIE’s are analyze, design, develop, implementation, and evaluate. The product is an application that can be downloaded free on android phone titled “Dynary Waves”. This application contains 4 main menus, are competition, concept map, content, and quiz. In this app contains of picture, graphic, animation, simulation, and video. The results of product validated by subject content experts has a percentage of 87,11%, media experts 76.25%, and the results of product trials by high school physics teachers are 91.91% and by students 85.40% which are included in the worth interpretation. So that the Dynary Waves application in content of travelling and stationary deserves to be used in high school.

References

BSNP. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No. 61 Tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wirawan, P. W. (2011). Pengembangan Kemampuan E-Learning berbasis Web ke dalam M-Learning. Jurnal Universitas Diponegoro (Vol. 2 No. 4), 22-23.

Soong, M. B. (2009). Students’ Difficulties When Solving Physics Problems: Results from an ICT-infused Revision Intervension. Proceedings of the 17th International Conference on Computer in Education, 361-365.

Ahdinirwanto, W., Lestari, R., & Ashari. (2013). Peningkatan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada SMP Negeri 4 Wadaslintang. Jurnal Radiasi, 178-181.

Wasis. (2015). Hasil Pembelajaran Sains di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains PPs Pendidikan Sains UNESA.

Istyowati, A. (2017). Analisis Pembelajaran Dan Kesulitan Siswa Sma Kelas Xi Terhadap Penguasaan Konsep Fisika. Jurnal Prosiding Seminar Nasional III Universitas Negeri Malang.

Adolphus, T., & Aderonmu, B. S. (2008). Factors Affecting The Teaching and Learning of Electromagnetism Among Secondary School Physics Students. Nigeria Journal of Vocational Teacher Education, 25-37.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Suparman, M. A. (2014). Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.

I. A. D. Astuti, R. A. Sumarni, and D. L. Saraswati, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android”, jpppf, vol. 3, no. 1, pp. 57 - 62, Jun. 2017.

B. R. Simanjuntak, D. Desnita, and E. Budi, “The Development of Web-based Instructional Media for Teaching Wave Physics on Android Mobile”, jpppf, vol. 4, no. 1, pp. 1 - 10, Jun. 2018.

I. A. D. Astuti, R. A. Sumarni, and D. L. Saraswati, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android”, jpppf, vol. 3, no. 1, pp. 57 - 62, Jun. 2017.

Muliyati, D., Bakri, F., & Ambarwulan, D, “Aplikasi Android Modul Digital Fisika Berbasis Discovery Learning. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika)”, 3(1), 74-79, 2018.

E. Budi, “Kajian Fisis pada Gerak Osilasi Harmonis”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 59 - 66, Dec. 2015.

H. Kurniawati, D. Desnita, and S. Siswoyo, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 3D PageFlip Fisika untuk Materi Getaran dan Gelombang Bunyi”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 97 - 102, Jun. 2016.

S. R. Hidayat, “Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi”, jpppf, vol. 3, no. 2, pp. 157 -166, Dec. 2017.

Bakri, Fauzi, Diah Ambarwulan, and Dewi Muliyati. "Pengembangan Buku Pembelajaran Yang Dilengkapi Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi Dan Optik." Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, vol. 4, no.2, 2018.

Published
2019-12-31
How to Cite
Kalista Adinda, C., Siswoyo, S., & E. Rustana, C. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATERI GELOMBANG BERJALAN DAN GELOMBANG STATIONER . PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 8, SNF2019-PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.23