PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PAPAN PERMAINAN “JUMANJI PHYSICS” PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM IMPULS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA 17AGUSTUS1945 SURABAYA

Authors

  • Agung Prasetyo Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Anthony Wijaya Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.24

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berbasis papan permainan “Jumanji Physics” pada pokok bahasan momentum impuls untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran berbasis papan permainan yang dikembangkan. Model penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluation. Media pembelajaran yang dikembangkan beriskan materi momentum impuls. Pada tahap analisis kebutuhan peserta didik, 88,89 % peserta didik menyatakan membutuhkan media pembelajaran berbasis papan permainan untuk lebih membantu memahami materi fisika. Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA 17 Agustus 1945 Surabaya berjumlah 90 orang. Media ini dilengkapi dengan perangkat pembelajaran meliputi RPP dikategorikan sangat valid dan RE dikategorikan valid oleh ahli. Media pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan sangat valid oleh ahli. Rata – rata penilaian peer review dalam uji terbatas mengkategorikan media ini sangat baik. Hasil belajar siswa dinilai berdasarkan hasil pre-test dan post-test, dihasilkan nilai N-Gain sebesar 0,65 dan berada dalam kategori sedang. Keterlaksanaan RPP dikategorikan sangat baik. Berdasarkan angket respon peserta didik memberikan respon positif dengan kategori baik.

 

Board game-based learning media development of "Jumanji Physics"  to improve student’s learning results on momentum impuls is a research that aims to determine the quality of the board game-based learning media developed. The research model used is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model which consists of five stages of Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluation. Learning media that are developed contain material momentum impulses During the students’ needs analysis, 88.89% of students stated that they needed media based on game learning to better understand physics concepts. The subjects of the study were 90 students of class X 17 Agustus 1945 Senior High School Surabaya. This media is equipped with learning devices including RPP categorized as very valid and RE is categorized as valid by experts. The learning media developed are categorized as very valid by experts. The average assessment of peer review in a limited test categorizes this media very well. Student learning results are assessed based on the results of the pre-test and post-test, resulting in the N-Gain value of 0.65 and in the medium category. The implementation of lesson plans is categorized very well. Based on the response questionnaire, students gave positive responses in good categories.

References

[1] Arsyad, A,“Media Pembelajaran.” Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013
[2] Fandira, E., Wijaya, A., & Noviani, E, P, F. “Heat And Monster Bingo” : An Instructional Board Game To Learn Temperature And Heat. Magister Scientiae Journal, 2016, Vol 2(44), 214-223
[3] Kuntjojo. “Metodologi Penelitian.” Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2009
[4] Molenda, M. “In Search of the Elusive ADDIE Model.” International Society for Performance Improvement Journal, 2003, Vol 42(5):34-36
[5] Pribadi, B. “Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model ADDIE.” Jakarta: Prenada Media Group, 2016
[6] D. Djamas, R. Ramli, S. Y. Sari, and R. Anshari, “Analisis Kondisi Awal Pembelajaran Fisika SMAN Kota Padang (Dalam Rangka Pengembangan Bahan Ajar Fisika Multimedia Interaktif Berbantuan Game)”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 57 - 64, Dec. 2016.
[7] Karliana, N. F., Muliyati, D., & Siahaan, B. Z. (2015). Pengembangan Naskah Drama Fisika sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA berbasis Joyful Learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 97-102.
[8] I. A. Putri, S. Siswoyo, and W. Indrasari, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Usaha dan Energi SMA”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 71 - 78, Dec. 2016.
[9] S. Syahrowardi and A. H. Permana, “Desain Handout Multimedia Menggunakan 3D Pageflip Professional untuk Media Pembelajaran pada Sistem Android”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 89 - 96, Jun. 2016.
[10] Sousa, M. J., & Rocha, Á. (2019). Leadership styles and skills developed through game-based learning. Journal of Business Research, 94, 360-366.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Prasetyo, A., & Wijaya, A. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PAPAN PERMAINAN “JUMANJI PHYSICS” PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM IMPULS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA 17AGUSTUS1945 SURABAYA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 8, SNF2019–PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.24