VALIDITAS MODUL PRAKTIKUM BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENDIDIKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.25Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul praktikum fisika dasar berorientasi keterampilan proses sains dan pendidikan karakter yang memenuhi kriteria valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan sesuai dengan model 4-D oleh Thiagarajan yang meliputi: (1) Tahap Pendefinisian (Define), (2) Tahap Perancangan (Design), (3) Tahap Pengembangan (Develop), dan (4) Tahap Penyebaran (Disseminate). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa modul praktikum fisika dasar ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada kategori penilaian sangat baik.
This research aimed to develop a basic physics lab module oriented science process skills and character education are valid criteria. This research was a development research used the 4-D model by Thiagarajan which includes: (1) Defining Phase, (2) Design Phase, (3) Development Phase, and (4) Disseminate Phase. The results of the study showed that this basic physics practicum module was valid to use in learning with very good category.
References
[2] Misbah, dkk. (2018). Pengembangan Petunjuk Praktikum Fisika Dasar 1 Berbasis 5M untuk Melatih Keterampilan Proses Sains dan Karakter Wasaka. Jurnal Fisika FLUX Volume 15 Nomor 1 Februari 2018 ISSN: 1829-796X.
[3] Koesoema, Doni A. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Kultur Sekolah. Yogyakarta: PT Kanisius.
[4] Ibrahim. (2005). Asesmen Berkelanjutan. Surabaya: Unipress Unesa.
[5] Ardiyanti, dkk. (2018) Pengembangan Ensiklopedia Alat Optik Berbasis Problem Based Learning. Seminar Nasional Fisika Volume VII Oktober 2018 pp 9 – 15.
[6] U. Usmeldi, “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Riset dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 1 - 8, Jun. 2016.
[7] M. L. Dewi, A. S. Budi, and E. Budi, “PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS DATA LOGGER UNTUK SMA”, PROSIDING SNF, vol. 4, pp. SNF2015-II, Oct. 2015.
[8] M. Yusuf and A. R. Wulan, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pembelajaran Tipe Shared dan Webbed untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 19 - 26, Dec. 2015.
[9] A. Malik, “Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 9 - 16, Jun. 2015.
[10] A. Malik, E. Kurnia Y, and S. Robiatus S, “Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Context Based Learning”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 23 - 30, Jun. 2016.
[11] Tirmayasari, T., Jufri, A. W., & Harjono, A. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Bermuatan Karakter. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 221-226.