PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PAPAN PERMAINAN “JOURNEY OF PHYSICS” PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPA 1 DAN X IPA 2 SMA HANG TUAH 4 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.26Abstract
Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis papan permainan “Journey of Physics” pada pokok bahasan momentum dan impuls untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran berbasis papan permainan, media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, serta mengetahui media pembelajaran dapat terlaksana sesuai rencana pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluation). Subyek penelitian ini adalah peserta didik SMA Hang Tuah 4 Surabaya kelas X IPA 1 dan X IPA 2 yang terdiri dari 64 peserta didik. Media ini dilengkapi dengan perangkat perencanaan pembelajaran meliputi RPP dan RE yang dikategorikan valid oleh ahli. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berada dalam kategori sangat baik oleh ahli media dan ahli materi serta didapatkan rata-rata penilaian yang berada dalam kategori sangat baik oleh peer reviewer. Media pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, diketahui dari N-Gain score sebesar 0,58 yang berada dalam kategori sedang. Keterlaksanaan RPP dikategorikan baik. Berdasarkan angket respon peserta didik media pembelajaran berada dalam kategori baik.
The development of Game Board-based physics learning media "Journey of Physics" on the subject of momentum and impulse to improve senior high school student’s learning outcome is a research with the aims to know the quality of game board-based learning media, to improve student’s learning outcome, and knowing that learning media able to done according to lesson plan. Method used in this study is Research and Development (R&D) with the model of ADDIE development (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluation). The subjects of this research is 64 student’s X IPA 1 and X IPA 2 of Hang Tuah 4 Senior High School Surabaya. This media is equipped with lesson plan and evaluation plan, all of them considered valid by the expert. The results of the study showed that the learning media developed in a very good category by validation from media and material expert and the average assessment are consider good category by peer reviewer. This learning media can improve student learning outcome, it is known from the N-Gain score is 0,58 which is in the medium category. The implementation of lesson plan is categorized as good. Based on the questionnaire the student’s response of learning media is in a good category.
References
[2] Triastuti, Desty dkk. 2017. Penggunaan Media Papan Permainan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
[3] Molenda, M. 2003. In Search of the ADDIE Model, ISPE Journal, Vol 54 (2), 40-42.
[4] Sukarjo. 2006. Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
[5] Kuntjojo. 2009. Metodologi Penelitian. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.
[6] Hartati, A. 2016. Peningkatan Aspek Sikap Literasi Sains Siswa SMP Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pendidikan, Vol 8 (1), 90-97.
[7] D. Djamas, R. Ramli, S. Y. Sari, and R. Anshari, “Analisis Kondisi Awal Pembelajaran Fisika SMAN Kota Padang (Dalam Rangka Pengembangan Bahan Ajar Fisika Multimedia Interaktif Berbantuan Game)”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 57 - 64, Dec. 2016.