LEMBAR KERJA ELEKTRONIK PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.28Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan basis pembelajaran berbasis masalah yang dilengkapi soal-soal HOTS yang layak digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar. Dengan pengembangan menggunakan model ASSURE yang meliputi 6 tahapan yaitu Analyze Leaner characteristics (menganalisis karakteristik siswa), State Performance objectives (menetapkan tujuan pembelajaran), Select methods,media, and material (memilih metode,media dan bahan ajar), Utilize materials (memanfaatkan bahan ajar), Require learner parcitipation (membutuhkan partisipasi peserta didik), dan Evaluate and revise (mengevaluasi dan merevisi). Melalui lembar kerja peserta didik yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
This research is dedicated to develop instructional media in the form of student worksheet with learning based of problem-based learning that is equipped with reasonable and proper HOTS questions to support learning and teaching process. With ASSURE model improvements that covers 6 steps that is analyze learner characteristics, stating performance objectives, selecting methods, media, and material, utilizing materials, requires learner parcitipation, also evaluating and revising. Through a developed student worksheet it is expected to improve students high order thinking skills.
References
[2] Rohmani,Wudha Sunarno, & Sukarmin. (2015). Pengembangan Media Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Terintegrasi dengan LKS Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak Kelas X SMA/MA. Juenal Inkuiri.1. 152-162
[3] Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.
[4] Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[5] Priansa, Donni Juni. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung : Pustaka Setia
[6] M. Muslim, “Implementasi Model Pembelajaran Argumentasi Dialogis dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMA”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 13 - 18, Dec. 2015
[7] F. Fathiah, I. Kaniawati, and S. Utari, “Analisis Didaktik Pembelajaran yang Dapat Meningkatkan Korelasi antara Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 111 - 118, Jun. 2015.
[8] A. P. Sari, S. Feranie, and S. Karim, “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Multirepresentasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Konsistensi Ilmiah Berbasis Multirepresentasi pada Materi Elastisitas”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 45 - 50, Dec. 2015.
[9] D. Muliyati, Herga Marizka, and F. Bakri, “E-Learning Using Wordpress on Physics Materials with The 5E Learning Cycle Strategy”, jpppf, vol. 5, no. 2, pp. 101 - 112, Oct. 2019.
[10] F. Bakri, S. Sunaryo, V. F. Irawan, and D. Muliyati, “E-Learning Model for Problem Based Learning on Heat and Thermodynamic Topics in High School”, jpppf, vol. 4, no. 2, pp. 101 - 112, Dec. 2018.