BUKU IPA DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY: MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII

Authors

  • A. Handjoko Permana Program Studi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta,.Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur 13220
  • Fauzi Bakri Program Studi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta,.Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur 13220
  • Mutiara Chaerunnisa Program Studi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta,.Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur 13220

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.29

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan tuntutan pembelajaran abad 21 ini. Untuk itu bahan belajar harus dapat membantu pembentukan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku IPA SMP yang dilengkapi Augmented Reality yang dapat menjadi scaffolding dalam membentuk kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada MPI (Model Pengembangan Instruksional). Teknologi AR pada buku menampilkan media 3 dimensi yang dapat dianalisis oleh peserta didik untuk membangun konsep IPA yang dipelajari. Buku yang dihasilkan telah memenuhi syarat sebagai technological pedagogical content knowledge dalam pembelajaran di SMP. Instrumen validasi yang digunakan berupa kuesioner skala likert dengan responden para ahli (materi dan media) dan pengguna (guru dan siswa).

 

The ability to think critically is the demand for 21st century learning. Because of that a learning material must be able to help the formation of critical thinking skills of students. The purpose of this study is to produce a junior high school science book equipped with Augmented Reality that can be a scaffolding in shaping students' critical thinking skills. The method used is the Research and Development (R&D) method which refers to MPI (Instructional Development Model). AR technology in books displays 3-dimensional media that can be analyzed by students to develop the science concept. This book has qualified as a technological pedagogical content knowledge in learning in junior high school. The validation instrument used was a Likert scale questionnaire with respondents from experts (material and media) and users (teachers and students).

References

[1] A. Mukhadis, “Sosok Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter Dalam Bidang Teknologi sebagai Tuntutan Hidup di Era Globalisasi,” J. Pendidik. Karakter, vol. 3, no. 2, hal. 115–136, 2013.
[2] B. Trilling dan C. Fadel, 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Fransisco: Jossey-Bass, 2009.
[3] OECD, “Programme for International Student Assessment,” 2015.
[4] Hartini dan Sukardjo, “Pengembangan Higher Order Thinking Multiple Choice Test Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis IPA Kelas VII SMP/MTs,” vol. 1, no. April, hal. 86–101, 2015.
[5] P. N. J. M. Sinambela, “Kurikulum 2013 Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran,” e-journal Univ. Negeri Medan, hal. 17–29, 2013.
[6] A. Asyhari dan H. Silvia, “Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 5, no. 1, hal. 1, 2017.
[7] A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.
[8] D. Nincarean, M. B. Alia, N. D. A. Halim, dan M. H. A. Rahman, “Mobile Augmented Reality: The Potential for Education,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 103, hal. 657–664, 2013.
[9] A. Clark dan A. Dünser, “An Interactive Augmented Reality Coloring Book,” 2012 IEEE Symp. 3D User Interfaces, hal. 7–10, 2012.
[10] I. Radu, “Augmented reality in education: A meta-review and cross-media analysis,” Pers. Ubiquitous Comput., vol. 18, no. 6, hal. 1533–1543, 2014.
[11] Daryanto, Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2010.
[12] T. Mairisiska, Sutrisno, dan Asrial, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK pada Materi Sifat Koligatif Larutan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Development TPACK Based Learning Devices on Colligative Properties to Improve Critical Thinking Skill Students,” Edu Sains, vol. 3, no. 1, hal. 28–37, 2014.
[13] Bakri, F., Sumardani, D., & Muliyati, D. (2019, November). Integrating augmented reality into worksheets: Unveil learning to support higher-order thinking skills. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2169, No. 1, p. 020012). AIP Publishing.
[14] Bakri, F., Ervina, E., & Muliyati, D. (2019, November). Practice the higher-order thinking skills in optic topic through physics worksheet equipped with augmented reality. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2169, No. 1, p. 020006). AIP Publishing.
[15] D. Ambarwulan and D. Muliyati, “The Design of Augmented Reality Application as Learning Media Marker-Based for Android Smartphone”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 73 - 80, Jun. 2016.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Permana, A. H. ., Bakri, F., & Chaerunnisa, M. (2019). BUKU IPA DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY: MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 8, SNF2019–PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.29