PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 KUPANG TENGAH KABUPATEN KUPANG
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.34Abstract
Penelitian Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Bertujuan meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa SMP Negeri Kabupaten Kupang.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.Penelitian ini dilaksanakan selama proses pembelajaran fisika dengan materi Karakteristik zat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kupang Tengah dengan jumlah siswa 30 orang.
Data prestasi belajar siswa diambil dari nilai tes belajar siswa setiap akhir siklus yang diambil selama proses pembelajaran berlangsung. Dari hasil penelitian prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar untuk indikator I sebesar 96,67% sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, untuk indikator II sebesar 90% sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, untuk indikator III sebesar 86,67% sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, dan untuk indikator IV sebesar 60% belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Pada siklus II untuk indikator IV sebesar 93,33% sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal.
This research use a Classroom Action Research (CAR). Where in each cycle have a five phases: planning stage, action stage, observation stage evaluation stage and reflection phase. This research was conducted in two cycles. Where the first cycle there have three meetings and in the second cycle there have one meetings. The research was conducted during the process of learning in physics at the matterial on essence characteristic. Subject of this research are the student of SMP Negeri 1 Kupang Tengah totally amount 30 persons.
Learning achievement of the students get drawn from the cognitive test studying at the finally cycle, student assessment have taken during the learning process. From the results of student learning achievement in the first cycle obtained the percentage passing grade for the first indicator is 96,67% has reached complete learn classical, for the indicator II is 90% has reached complete learn classical, for the indicator III amount 86,67% reached complete learn classical, and the indicator IV amount 60% has not reached complete learn classicall. The second cycle of the IV indicator amount 93,33% has reached complete learn classical.
References
[2] Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
[3] Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
[4] Mahmuda, A. 2014. Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar IPA SMP/MTS Kelas VII Pada Materi Karakteristik Zat Berdasarkan Kurikulum 2013. Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi dipublikasikan
[5] Murtiningsih,2013.Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional KSDP Prodi PGSD Konstelasi Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi
[6] Ni Made Dwi Antari,Ketut A,Dewa Gede H. D, 2016. Studi Komparatif Model Pemeblajaran Talking Stick dan Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi Siswa Kelas XI SMA Negeri Seririt TahunAjaran 2015/2016,Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan,Vol 13,No 2 Juli 2016 Hal 127,ISSN 2541-0652
[7] Sanjaya H. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis Metode Dan Prosedure. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
[8] Shiomin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
[9] SITI SAADAH, 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta
[10] Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
[11] Sudirman. 1987. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remadja Karya.
[12]Sudjana, N. 1987. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Balai Pustaka.
[13]Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta