PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA PHYHEART (PHYSICS HEAT AND TEMPERATURE) BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

  • Silvia Junaresti Gustiningrum Prodi Pendidikan Fisika,Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta (13220)
  • Esmar Budi Prodi Pendidikan Fisika,Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta (13220)
  • Siswoyo Siswoyo Prodi Pendidikan Fisika,Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta (13220)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul berbasis Android dengan pendekatan Learning Cycle 5E yang membahas materi Suhu dan Kalor untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Pengembangan ini didasarkan pada tujuan pembelajaran yang sesuai dengan prinsip kurikulum 2013 yaitu siswa dapat belajar kapan dan di mana pun. Materi dalam e-modul ini disajikan dalam bentuk video, gambar, tabel, formula serta deskripsi verbal yang disusun berdasarkan sintak model pembelajaran Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation). Model Penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan Model Pengembangan Instruksional menurut Atwi Suparman. Pengambilan data penelitian dilakukan dalam empat tahap: 1) Studi pustaka dan analisis kebutuhan untuk mengetahui kebutuhan pembelajaran fisika pada siswa SMA, 2) Uji keterbacaan produk kepada siswa SMA, 3) Validasi oleh ahli materi, media dan pembelajaran 4) Uji coba produk terbatas kepada siswa SMA. Hasil validasi uji kelayakan terhadap e-modul oleh ahli materi memperoleh 94% dan ahli media memperoleh 76,67 %. Berdasarkan uji kelayakan tersebut e-modul layak dijadikan sebagai media pembelajaran mandiri siswa.

 

This research aims to develop Electronic Modul based on Android in Heat and Temperature with Learning Cycle 5E approach for high school students. This development is based on learning objectives that are in accordance with the 2013 curriculum principles, namely students can study anytime and anywhere. The material in this e-module is presented in the form of videos, images, tables, formulas and verbal descriptions arranged based on the learning syntax of the 5E Learning Cycle model (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation). This type of research is research & development (R & D), which refers to Instructional Development Model according to Atwi Suparman. The research data is taken in four steps: 1) A literature study and requirement analysis  to determine the physics learning needs, 2) A legibility test on high school students, 3) Validation by subject, media, and learning experts, 4) Trial test on high school students. The results of the validation of the due diligence of e-modules by material experts obtained 94% and media experts obtained 76,67%. Based on the feasibility test the e-module is worthy of being used as a student's independent learning media.

References

Sunhaji, "Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya Dalam Pembelajaran," Jurnal Kependidikan Vol.2 No.2, p. 31, 2014.

Rahmayani, "kominfo.go.id," 2 Oktober 2015. [Online]. Available: https://kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media. [Accessed 1 11 2018].

Prastowo, "Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya di Sekolah/ Madrasah," in Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya di Sekolah/ Madrasah, Depok, Prenadamedia Group, 2018, p. 34.

Prastowo, "Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya di Seklah/ Madrasah," in Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya di Seklah/ Madrasah, Depok, Prenadamedia Group, 2018, p. 51.

Yaumi, Media dan Teknologi Pembelajaran Edisi Pertama, Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.

Marrysca, "Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dalam Meningkatkan Befikir Kritis Siswa SMK Kelas XI," Jurnal Inkuiri, p. 101, 2017.

Oriogu, "Catch Them Young: Developing and Improving Of School Libraries and Reading Habit Of Secondary School Students in Nigeria," Journal Of Education and E-Learning Research, p. 62, 2015.

S. Kalatting, V. Serevina, and I. M. Astra, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Pendekatan Guided Discovery Learning”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 1 - 8, Jun. 2015.

N. Nurhayati and I. Rohman, “Rancang Bangun Virtual Laboratory Pemuaian untuk SMP”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 55 - 60, Jun. 2015.

B. R. Simanjuntak, D. Desnita, and E. Budi, “The Development of Web-based Instructional Media for Teaching Wave Physics on Android Mobile”, jpppf, vol. 4, no. 1, pp. 1 - 10, Jun. 2018.

S. Rezeki and I. Ishafit, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum”, jpppf, vol. 3, no. 1, pp. 29 - 34, Jun. 2017.

I. A. D. Astuti, R. A. Sumarni, and D. L. Saraswati, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android”, jpppf, vol. 3, no. 1, pp. 57 - 62, Jun. 2017.

F. Bakri, B. Z. Siahaan, and A. H. Permana, “Rancangan Website Pembelajaran Terintegrasi dengan Modul Digital Fisika Menggunakan 3D PageFlip Professional”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 113 - 118, Dec. 2016.

P. Sinulingga, T. J. Hartanto, and B. Santoso, “Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 57 - 64, Jun. 2016.

S. Syahrowardi and A. H. Permana, “Desain Handout Multimedia Menggunakan 3D Pageflip Professional untuk Media Pembelajaran pada Sistem Android”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 89 - 96, Jun. 2016.

G. A. Permatasari, E. Ellianawati, and W. Hardyanto, “Online Web-Based Learning and Assessment Tool in Vocational High School for Physics”, jpppf, vol. 5, no. 1, pp. 1 - 8, Jul. 2019.

F. Bakri, S. Sunaryo, V. F. Irawan, and D. Muliyati, “E-Learning Model for Problem Based Learning on Heat and Thermodynamic Topics in High School”, jpppf, vol. 4, no. 2, pp. 101 - 112, Dec. 2018.

D. Oktasari, H. Kuswanto, I. Ismet, and S. M.S., “The Technology Pedagogy Knowledge (TPK) Teacher Using Worksheet 3D Pageflip Professional for Promoting Argumentation Skills’ High-Schools Students in Physics Learning”, jpppf, vol. 4, no. 2, pp. 131 - 140, Dec. 2018.

Data Books, "DATABOOK.co.id," 9 Oktober 2017. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/10/09/73-perangkat-mobile-global-menggunakan-android. [Accessed 4 November 2018].

Bella tania, "Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa," GRAVITY: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, vol. 3, no. 1, p. 68, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidika Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2010.

Published
2019-12-31
How to Cite
Junaresti Gustiningrum, S., Budi, E., & Siswoyo, S. (2019). PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA PHYHEART (PHYSICS HEAT AND TEMPERATURE) BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 8, SNF2019-PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.37