PENJEJAK GERAK BERBASIS WEBCAM UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) UNTUK MENENTUKAN NILAI KOEFISIEN RESTITUSI PADA MATERI TUMBUKAN DI SMA
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.44Abstract
Koefisien restitusi merupakan materi Fisika kelas XI yang cukup sulit dipahami siswa, sehingga dibutuhkan media pembelajaran untuk membantu pemahaman siswa. Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa program komputer penjejak gerak dengan bantuan webcam untuk menghitung nilai koefisien restitusi tumbukan pada benda jatuh bebas. Media ini akan dilengkapi dengan LKS yang disusun dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), yang diharapkan siswa dapat mencapai seluruh aspek yang dimilikinya sesuai dengan tujuan pembelajaran pada kurikulum 2013. Media ini menghasilkan data berupa posisi pada sumbu y, yang kemudian diolah menjadi nilai koefisien restitusinya. Hasil uji coba produk, nilai e yang didapat memiliki kesalahan relatif sebesar 2.97 %; 1.99%; dan 3.12%.
Coefficient of restitution is one of physics subject that hard to learn for students, so that they need a learning media to enhance student learning ability. This research create a computer program for object tracking with the help of webcam to calculate coefficient of restitution in a free fall motion for learning media. This media accompanied with student work form that arranged based on Problem Based Learning Model, in a hope to complete every learning achievement based on Kurikulum 2013. Result of this research is the position of an object in y axis, used to calculate it's coefficient of restitution. Based on the experiment, the calculated relative error is 2.97 %; 1.99%; dan 3.12%.
References
[2] A. P. Sari, S. Feranie, and S. Karim, “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Multirepresentasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Konsistensi Ilmiah Berbasis Multirepresentasi pada Materi Elastisitas”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 45 - 50, Dec. 2015.
[3] M. G. Nugraha, K. H. Kirana, S. Utari, N. Kurniasih, N. Nurdini, and F. N. Sholihat, “Problem Solving-Based Experiment untuk Meningkatkan Keterampilan Penalaran Ilmiah Mahasiswa Fisika”, jpppf, vol. 3, no. 2, pp. 137 - 144, Dec. 2017.
[4] A. Halim, S. Suriana, and M. Mursal, “Dampak Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Fisika”, jpppf, vol. 3, no. 1, pp. 1 - 10, Jun. 2017.
[5] Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
[6] Arsyad, A. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
[7] Gall, B. &. (2003). Education Research. New York: Allyn and Bacon.
[8] Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
[9] Soenarto. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press.
[10] Wee, Loo Kang. dkk. (2015). Using Tracker to Understand 'Toss Up' and Free Fall Motion: A Case Study. Physics Education Jorunal IOPScience.