E-MODUL PEMBELAJARAN MATERI PEMANASAN GLOBAL BERBASIS QUANTUM LEARNING

Authors

  • Zahra Qibtia Balqis Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No.1, Jakarta Timur
  • Sunaryo Sunaryo Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No.1, Jakarta Timur
  • Esmar Budi Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No.1, Jakarta Timur

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.46

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik fisika materi Pemanasan Global berbasis Quantum Learning. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE dengan tahapan 1) Analyze, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. E-modul ini menerapkan rumus AMBAK (Apa Manfaat Bagiku) yang terdapat dalam model pembelajaran Quantum Learning. Pengembangan e-modul ini memperoleh data dari angket uji validasi dan angket uji kelayakan media. Hasil kajian pendahuluan menyatakan bahwa E-Modul pembelajaran ini cukup layak dijadikan modul belajar.

 

This research  is aimed to develop a physics electronic modules about Global Warming based on Quantum Learning. This research using the ADDIE method with stages 1) Analyze, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, and 5) Evaluation. This e-module applies the AMBAK formula (Apa Manfaat Bagiku or What are the Benefits to Me) contained in the Quantum Learning model. E-module Development obtains data from the validation test questionnaire and media feasibility questionnaire. Preliminary test result state that this learning e-module is decent enough to be created as. learning module.

References

[1] M. Kanginan, Fisika untuk SMA/MA kelas XI, Jakarta: Erlangga, 2013.
[2] T. Amanda, "Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi Pada Pembelajaran Fisika Di SMA/MA," Jurnal Universitas Jember, 2017.
[3] Y. Munadi, Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta: Gaung persada Press, 2008.
[4] H. Irawati, "Pengembangan Modul Pembelajaran IPA dengan Tema Pencemaran Lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP kelas VII," Jurnal Bioedukatika, 2015.
[5] M. Imaduddin, "Modul Q-Sets” Sebagai Rekayasa Bahan Ajar Kimia Yang Bermuatan Quantum Learning Dan Bervisi Salingtemas," Jurnal Universitas Negeri Semarang, 2013.
[6] W. Borg and M. D. Gall, Education Research An Introduction, New York: Longman, 1983.
[7] F. K. Sari, "Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan," Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 2016.
[8] S. Syahrowardi and A. H. Permana, “Desain Handout Multimedia Menggunakan 3D Pageflip Professional untuk Media Pembelajaran pada Sistem Android”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 89 - 96, Jun. 2016.
[9] H. Kurniawati, D. Desnita, and S. Siswoyo, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 3D PageFlip Fisika untuk Materi Getaran dan Gelombang Bunyi”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 97 - 102, Jun. 2016.
[10] F. Bakri, B. Z. Siahaan, and A. H. Permana, “Rancangan Website Pembelajaran Terintegrasi dengan Modul Digital Fisika Menggunakan 3D PageFlip Professional”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 113 - 118, Dec. 2016.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Qibtia Balqis, Z., Sunaryo, S., & Budi, E. (2019). E-MODUL PEMBELAJARAN MATERI PEMANASAN GLOBAL BERBASIS QUANTUM LEARNING. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 8, SNF2019–PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.46