IMPLEMENTASI MODEL PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) DAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR

  • Indra Sakti Program Studi Pendidikan IPA-Fisika FKIP Universita Bengkulu, Jalan Raya Kandang Limun Bengkulu

Abstract

Dilakukan penelitian action reseach untuk mengimplementasi  perangkat Pembelajaran  Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) dan Pendidikan Karakter  melalui model Problem Based Learning (PBL) di Program Studi Pendidikan IPA Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu tahun 2018 untuk mata kuliah Fisika Dasar. Adapun tujuan penelitian adalah (1) Mendeskripsikan aktivitas belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran model PBL berbasis HOTS dan pendidikan karakter pada Matakuliah Fisika Dasar. (2)Mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS)  mahasiswa setelah pembelajaran PBL berbasis HOTS dan pendidikan karakter.  (3) Mendeskripsikan karakter mahasiswa setelah pembelajaran PBL berbasis HOTS dan pendidikan karakter.   Kegiatan penelitian ini  dilakukan tiga siklus dengan 4 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat langkah penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Perangkat pembelajaran terdiri dari (1) RPP dengan model problem based learning (PBL) berbasis HOTS dan Pendidikan Karakter; (2) bahan ajar materi Suhu dan Kalor berorientasi HOTS dan Pendidikan Karakter; (3) LKPD; (4) instrumen penilaian (a) Keterampilan berpikir tingkat tinggi dan (b) karakter.  Instrumen  penelitian terdiri dari lembar observasi, catatan lapangan, angket, rubrik penilaian proses pembelajaran, soal pretest dan posttest untuk pengukuran kemampuan berpikir tingkat tinggi, dan penilaian karakter. Indikator penilaian keterampilan berpikir tingkat tinggi : (H1), keterampilan berpikir kritis (critical thinking), (H2), berpikir kreatif (creative thinking), (H3), kemampuan berargumen (reasoning), dan (H4), kemampuan mengambil keputusan (decision  making). Indikator karakter adalah (K1)  jujur,   (K2) disiplin,   (K3)  ingin  tahu,    (K4) tanggung jawab.  Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) adanya peningkatan aktivitas belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran PBL berbasis HOTS dan pendidikan karakter pada Matakuliah Fisika Dasar. (2)adanya peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS)  mahasiswa setelah pembelajaran PBL berbasis HOTS dan pendidikan karakter.  (3) adanya peningkatan karakter mahasiswa setelah pembelajaran PBL berbasis HOTS dan pendidikan karakter.

References

Kemendikbud.2014. Buku Guru Ilmu pengetahuan Alam SMP/MTSN Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Widodo, T & Kadarwati, S. 2013. High Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan 32(1),

Andriani, D. (2016); Efektivitas Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKS Tema Gerak Terhadap High Order Thinking Skill Siswa SMP . Skripsi. Jurusan IPA Terpadu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Anderson, L., et al (2001), A Taxonomy for Learning,Teaching, and Assessing: A revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives, New York: Pearson, Allyn & Bacon.

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009)

Syaifulloh Bakhri dan Supriadi (2017). Peran Problem-Based Learning (PBL) dalam Upaya Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa pada Pembelajaran Matematika. ISBN. 978-602-73403-2-9 (Cetak)

Published
2019-12-31
How to Cite
Sakti, I. (2019). IMPLEMENTASI MODEL PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) DAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 8, SNF2019-PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.50