PENGARUH SCIENTIFIC CREATIVE AND CRITICAL WORKSHEET (SCCW) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENALARAN ILMIAH SISWA SMA PADA TOPIK MOMENTUM IMPULS

Authors

  • Nirmala Utami Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudi No. 229, Bandung 40154, Indonesia
  • Saeful Karim Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudi No. 229, Bandung 40154, Indonesia
  • Duden Saepuzaman Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudi No. 229, Bandung 40154, Indonesia
  • Selly Feranie Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudi No. 229, Bandung 40154, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.52

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Scientific Creative and Critical Worksheet (SCCW) dalam meningkatkan keterampilan penalaran ilmiah. SCCW merupakan lembar kerja yang memuat materi, permasalahan, dan pertanyaan-pertanyaan berdasarkan scientific structure creativity model (SSCM) dan assessment of critical thinking ability (ACTA). Metode yang digunakan adalah Quasi-eksperimen dengan desain Pretest-posttest Control Group Design. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 52 siswa di salah satu SMA di Kota Bandung. Instrumen yang digunakan berjumlah 20 butir soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan penalaran ilmiah pada kelas eksperimen (<gain>=0,63) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (<gain>=0,46). Perbedaan peningkatan ini juga dianalisis berdasarkan jawaban siswa dalam menjawab SCCW (kelas eksperimen) dan LKS (kelas kontrol).

 

This study aims to determine the effect of Scientific Creative and Critical Worksheet (SCCW) in improving scientific reasoning skills. SCCW is a worksheet that contains material, problems, and questions based on the scientific structure creativity model (SSCM) and assessment of critical thinking ability (ACTA). The method used was Quasi-experiment with the design of the Pretest-posttest Control Group Design. The number of samples in this study were 52 students in one of the high schools in Bandung. The instruments used amounted to 20 multiple choice questions. The results showed that the increase in scientific reasoning skills in the experimental class (<gain> = 0.63) was higher than the control class (<gain> = 0.46). This difference in increase was also analyzed based on students' answers in answering SCCW (experimental class) and LKS (control class).

References

[1] Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Pendidikan Karakter Dorong Tumbuhnya
Kompetensi Siswa Abad 21. Diambil kembali dari :
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/06/pendidikan-karakter-dorong-tumbuhnya-kompetensi-siswa-abad-21, 2017.
[2] Kemendikbud, Konsep dan Implementasi Pembelajaran. Diambil kembali dari: https://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wamendik.pdf, 2014.
[3] Secretariat GTK, High Order Thinking Skills Bekal Bersaing Di Abad 21. Diambil kembali dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/high-order-thinking-skills-bekal-
bersaing-di-abad-21, 2019.
[4] OECD, PISA 2015 Results (Volume I), Paris : Excellence and Equity in Education, PISA, OECD Publishing, 2016.
[5] Hanson, S, The Assessment Of Scientific Reasoning Skills Of High School Science Students: A Standardized Assessment Instrument. Theses and Disserrtations, 2016.
[6] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Model-model Pembelajaran. Jakarta, 2017.
[7] Rachmawati, I, Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Dan Berpikir Kritis Ilmiah peserta didik Sma Pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar, Jurnal Wahana Pendidikan Fisika 2018; 3(2): 25-30, 2018.
[8] M. G. Nugraha, K. H. Kirana, S. Utari, N. Kurniasih, N. Nurdini, and F. N. Sholihat, “Problem Solving-Based Experiment untuk Meningkatkan Keterampilan Penalaran Ilmiah Mahasiswa Fisika”, jpppf, vol. 3, no. 2, pp. 137 - 144, Dec. 2017.
[9] Zulaiha, F, Pengembangan Worksheet dan Problemsheet Berorientasi Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Multimodus Representasi untuk Pembelajaran Fisika di SMA/MA [Tesis]. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia, 2016.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Utami, N., Karim, S., Saepuzaman, D., & Feranie, S. (2019). PENGARUH SCIENTIFIC CREATIVE AND CRITICAL WORKSHEET (SCCW) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENALARAN ILMIAH SISWA SMA PADA TOPIK MOMENTUM IMPULS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 8, SNF2019–PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.52