PENERAPAN MODEL REAL WORLD SITUATION PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN KONTEKS ESD DALAM MENINGKATKAN SUSTAINABILITY AWARENESS SISWA DI KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.53Abstract
Real World Situation Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan suatu masalah yang ada di dunia nyata atau di dalam kehidupan sehari-hari yang dapat membangun pola berpikir kritis siswa. Education Sustainable Development (ESD) merupakan suatu konteks atau isu-isu ESD yang dijadikan suatu permasalahan terkait model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan profil Sustainability Awareness siswa. Sehingga, Real World Situation Problem Based Learning dengan menggunakan konteks ESD dalam penelitian ini untuk meningkatkan profil Sustainability Awareness yang dimilikinya. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket profil Sustainability Awareness dan wawancara. Instrumen diberikan kepada 30 siswa di salah satu SMA di Kota Cimahi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model Real World Situation Problem Based Learning Menggunakan Konteks ESD dapat meningkatkan profil Sustainability Awareness.
Real World Situation Problem Based Learning is a learning model that engages students to solve a problem that exists in the real world or in daily life that can build a student's critical thinking pattern. Education Sustainable Development (ESD) is a context or ESD issue that is a problem related to the learning model that is used to improve students ' Sustainability Awareness profile. Thus, Real World Situation Problem Based Learning uses the ESD context in this study to enhance its Sustainability Awareness profile. Research uses qualitative descriptive research methods. The instrument used is a questionnaire of Sustainability Awareness profiles and interviews. The instrument was given to 30 students at one high school in Cimahi. The results showed that after learning activities by implementing the Real World Situation Problem Based Learning model using ESD context could improve the Sustainability Awareness profile.
References
[2] L. Iif, “Integrasi ESD (Education Sustainable Development) dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Profil Sustainability Awareness Siswa SMP pada Topik Perubahan Iklim,” skripsi, Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia, 2018.
[3] A. P. Sari, S. Feranie, and S. Karim, “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Multirepresentasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Konsistensi Ilmiah Berbasis Multirepresentasi pada Materi Elastisitas”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 45 - 50, Dec. 2015.
[4] M. G. Nugraha, K. H. Kirana, S. Utari, N. Kurniasih, N. Nurdini, and F. N. Sholihat, “Problem Solving-Based Experiment untuk Meningkatkan Keterampilan Penalaran Ilmiah Mahasiswa Fisika”, jpppf, vol. 3, no. 2, pp. 137 - 144, Dec. 2017.
[5] A. Malik, “Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 9 - 16, Jun. 2015.
[6] UNESCO. (2009). Review of Contexts and Structures for Education for Sustainable Development [Online]. Avaible: http://www.unesco.org/education/justpublished desd2009.pdf. [Accessed 18 March 2019].
[7] Hasan, A. Ariffin, T. Sulaiman, S, “The status on the level of environmental awareness in the concept of sustainable development amongst secondary school students”, Procedia Social and Behavioral Sciences 2 (2010) 1276 – 1280, 2010.