Profil Miskonsepsi yang Terjadi pada Peserta Didik dalam Materi Kalor dan Perpindahannya

Authors

  • Mutia Hariza Lubis Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi 229 Bandung 40154, Indonesia
  • Ika Mustika Sari Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi 229 Bandung 40154, Indonesia
  • Parlindungan Sinaga Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi 229 Bandung 40154, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.54

Abstract

Fisika adalah bagian dari sains yang mempelajari berbagai konsep pada objek makroskopis maupun mikroskopis yang tidak semuanya dapat diamati secara langsung, salah satunya pada materi kalor dan perpindahannya. Hal ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman peserta didik, sejalan dengan aspek pengetahuan fisika yang mengacu pada pemahaman konsep (Depdiknas, 2006) [1]. Tujuan dari penelitian yang dilakukan ialah mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik dalam materi Kalor dan Perpindahannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah deskriptif kualitatif melalui tes pemahaman konsep berbentuk three-tier. Subjek pada penelitian ini ialah peserta didik kelas XI SMA yang berjumlah 37 orang. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa 54,95% mengalami miskonsepsi sedangkan sisanya 15,92% tidak paham konsep, 20,42% tidak tahu konsep, 2,40% paham parsial, dan 6,31% paham. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa adanya miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik dalam materi kalor dan perpindahannya. Implikasi dari penelitian ini diperlukan suatu tindakan yang mampu meminimalisir miskonsepsi peserta didik pada materi Kalor dan Perpindahannya.

 

Physics is a part of science that studies various concepts in macroscopic and microscopic objects that not all can be observed directly. One of them in heat and how their transferred topic. This is one of the factors that influence the level of understanding of students, in line with aspects of knowledge of physics that refers to understanding concepts (Ministry of National Education, 2006) [1]. This study aims to identify misconceptions that occur in students in the topic of heat and how their transferred. The method used in this research is descriptive analysis through concept understanding tests. The results of this research showed that 54.95% of students experienced misconceptions, while 15,92% of students did not understand the concept, 20,42% of students did not know the concept, 2,40% of students understood partially, and 6,31% understood. Therefore, it can be concluded that there are misconceptions that occur in students in the heat material and their transferred. The implications of this research require an action that is able to minimize students' misconceptions in the topic of heat and how their transferred .

References

[1] Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
[2] Sakti, I., Puspasari, Y. M., & Risdianto, E. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. In Exacta. 10(_): 1– 10.
[3] Suparno, P. 2005.Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.
[4] Pathare, S. R., & Pradhan, H. C. (2010). Students’ misconceptions about heat transfer mechanisms and elementary kinetic theory. PHYSICS EDUCATION, 629-630.
[5] Mahmudah, R. (2013). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik pada Konsep Suhu dan Kalor dengan Menggunakan Peta Konsep dan Wawancara. Skripsi. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga
[6] Yolanda, R., Syuhendri, S., & Andriani, N. (2015). Analisis pemahaman konsep siswa SMA Negeri se-kecamatan Ilir Barat I Palembang pada materi suhu dan kalor dengan instrumen TTCI dan CRI.
[7] Pesman, H., & Eryilmaz, A. (2010). Development of a Three-Tier Test to Assess Misconceptions about Simple Electric Ciccuits. The Journal of Educational Research, 103(3), 208-222.
[8] Costu, B. (2008). Learning Science through the PDEODE Teaching Strategy: Helping Students Make Sense of Everyday Situations. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 4(1):3-9.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Hariza Lubis, M., Mustika Sari, I., & Sinaga, P. (2019). Profil Miskonsepsi yang Terjadi pada Peserta Didik dalam Materi Kalor dan Perpindahannya. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 8, SNF2019–PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.54