PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS SCAFFOLDING
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.09Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat peningkatan pemahaman konsep. Kegiatan perkuliahan yang dilakukan guna meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa adalah pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan strategi scaffolding. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, di mana melalui penelitian dijabarkan terkait peningkatan pemahaman konsep mahasiswa setelah diberikan perlakukan berupa kegiatan perkuliahan yang menerapkan inkuiri terbimbing berbasis scaffolding. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dengan instrumen berupa soal uraian. Hasil jawaban siswa kemudian diperiksa disesuaikan dengan rubrik penilaian berupa skor tiap soal yang telah dibuat. Soal uraian yang diberikan berjumlah lima soal terkait materi Hukum Newton dan Aplikasinya. Tes dilakukan dua kali yakni pada awal untuk melihat sejauh mana pemahaman konsep mahasiswa dan pada akhir proses perkuliahan guna melihat peningkatan pemahaman konsep mahasiswa setelah mengikuti proses perkuliahan. Hasil tes awal dan tes akhir yang diperoleh, dianalisis menggunakan uji n-Gain guna melihat peningkatan pemahaman konsep. Hasil uji n-Gain menunjukkan bahwa secara rata-rata peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada materi Hukum Newton dan Aplikasinya adalah 0,55 berada pada kategori sedang.
Kata-kata kunci: pemahaman konsep, inkuiri terbimbing, strategi scaffolding, n-gain
Abstract
This research was conducted with the aim to see an increase in understanding of concepts. The lecture activities undertaken to improve the understanding of student concepts are guided inquiry learning using scaffolding strategies. Guided inquiry learning is one of the learning models that emphasizes the active activities of students to find their own concepts or solve problems given by teachers or lecturers. The process of finding and solving problems carried out by students is certainly not entirely independent of the help of lecturers. Assistance provided by lecturers to students verbally and visually, these are some of the strategies in scaffolding assistance. Data collection in this study uses a test technique with the instrument in the form of question matter. The description given is five questions related to Newton's Law and Application. The test is carried out twice namely at the beginning to see the extent of understanding students 'concepts and at the end of the lecture process in order to see an increase in students' understanding of the concepts after attending the lecture process. The results of the initial test and the final test obtained were analyzed using the n-Gain test to see an increase in concept understanding. The n-Gain test results showed that on average the increase in students' understanding of the concept of Newton's Law and its Application was 0.55 in the medium category.
Keywords: understanding concept, guided inquiry, scaffolding, n-gain
References
[2] N. Nurhayati and L. Angraeni, “Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa (Higher Order Thinking) dalam Menyelesaikan Soal Konsep Optika melalui Model Problem Based Learning”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 3, no. 2, pp. 119 - 126, Dec. 2017.
[3] D. Ambarwulan and D. Muliyati, “The Design of Augmented Reality Application as Learning Media Marker-Based for Android Smartphone”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 1, pp. 73 - 80, Jun. 2016.
[4] H. Pathoni, “Peningkatan pemahaman konsep fisika dan aktivitas mahasiswa dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing media animasi,” Jurnal inovasi dan pembelajaran fisika, Universitas Sriwijaya, vol. 2, 2015.
[5] D. Saepuzaman and S. Karim, “Desain Pembelajaran Student’s Conceptual Construction Guider Berdasarkan Kesulitan Mahasiswa Calon Guru Fisika pada Konsep Gerak Parabola”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 2, pp. 79 - 86, Dec. 2016.
[6] M. Masrifah, A. Setiawan, P. Sinaga, and W. Setiawan, “An Investigation of Physics Teachers’ Multiple Representation Ability on Newton’s Law Concept”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 105 - 112, Jun. 2020.
[7] B. S. Bloom, “A taxonomy for learning, teaching, and assessing.' a revision of Bloom ’s taxonomy of educational objectives,” New York: Addison Wesley Longman, Inc, 1956.
[8] L. H. Barrow, “A Brief History of Inquiry,” From Dewey to Standards, Journal of Science Teacher Education, pp. 265-278, 2011.
[9] Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D,” Bandung: Alfabeta, 2015.
[10] S. Sutiarso, “Scaffolding Dalam Pembelajaran Matematika,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Penerapan MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 2009.
[11] I. S. Utami, M. Vitasari, I. Langitasari, I. Sugihartono, and Y. Rahmawati, “The Local Wisdom-Based STEM Worksheet to Enhance the Conceptual Understanding of Pre-service Physics Teacher”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 97 - 104, Jun. 2020.