ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA TOPIK USAHA DAN ENERGI

Authors

  • Nilah Nilah Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jl. Tanah Merdeka No.20, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13830, Indonesia
  • Liszulfah Roza Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jl. Tanah Merdeka No.20, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13830, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.12

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir analitis dan evaluasi siswa dalam memecahkan masalah fisika pada materi usaha dan energi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskripsi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas  X SMA X di Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 15 siswa kelas X IPA pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir analitis dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dalam bentuk soal uraian sebanyak 15 butir yang mencakup indikator kemampuan berpikir analitis dan evaluasi dari taksonomi Bloom edisi revisi yaitu tingkat menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5). Dari analisis hasil test diperoleh hasil persentase siswa dalam menjawab soal dengan kemampuan berpikir analitis dan evaluasi tinggi sebesar 13,3 %, cukup analitis dan evaluasi sebesar 26,7 %, dan kurang analitis dan evaluasi sebesar 60 %. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan berpikir analitis dan evaluasi siswa kelas X IPA SMA X Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dapat dikelompokkan pada kategori kelompok tinggi 13,3 %, kelompok sedang sebesar 26,7 %, dan kelompok rendah 60 %.

Kata-kata kunci: Pembelajaran fisika, kemampuan berpikir analitis dan evaluasi.

Abstract

This study aims to know the analytical and evaluation thinking ability of students in solving physical problems in the chapter on work and energy. The research method used a description with a quantitative approach. The population in this study is the entire class X IPA X Senior High School in Jakarta. The sampling technique uses simple random sampling and the sample used is 15 students of class X IPA in the even semester of the academic year 2019/2020. The study instrument was in the form of analytical thinking and evaluation skills tests. Data collection is done with the test in the form of description as much as 15 item questions that included indicators of analytical thinking ability and evaluation of the revised Bloom's taxonomy that is level of analyze (C4) and evaluate (C5). From the analysis of the test results obtained the percentage of students in answering questions with high analytical thinking and evaluation ability by 13.3%, sufficient analytical and evaluation by 26.7%, and less analytical and evaluation by 60%. Based on the analysis of the data obtained, it can be concluded that the level of analytical thinking ability and evaluation of students of class X IPA X at the one of  Senior High School in Jakarta in the even semester of the academic year 2019/2020 can be grouped in the high category 13.3%, medium group at 26.7%, and low group 60%.

Keywords: Physics learning, ability of analytical and evaluation thinking

References

[1] D. Giancoli, “Fisika : Prinsip dan Aplikasi,” Jakarta: Erlangga, 2014.
[2] Winarti, “Profil Kemampuan Berpikir Analisis dan Evaluasi Mahasiswa dalam mengerjakan Soal Konsep Kalor,” Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, vol. 2, no. 1, pp. 19-24, 2015.
[3] M. D. Rahmawati, Sriyono and Ashari, “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Starter Eksperimen,” Radiasi, vol. 5, no. 1, pp. 73-76, 2014.
[4] Afandi and Sadjidan, “Stimulasi keterampilan berpikir Tingkat Tinggi,” Jawa tengah: UNS Press, 2018.
[5] I. I. Pratiwi, A.F. Chandra and T. R. Ramalis, “Penerapan PBL Dengan Konteks ESD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik,” Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF, vol. 8, pp. 1-8, 2019.
[6] D. Kurniati, R. Harimukti and N. A. Jamil, “Kemampuan Berpikir Tingkat tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan soal Berstandar PISA,” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan , vol. 20, no. 2, pp. 142-155, 2016.
[7] T. Yuniarsih and Suwatno, “Manajemen Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi, dan Isu Penelitian,” Bandung: Alfabeta, 2011.
[8] Wirawan, “Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori Aplikasi dan Penelitian,” Jakarta: Salemba Empat, 2009.
[9] Susilowati, Sajidan and M. Ramli, “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, pp. 223-231, 2017.
[10] S. Arikunto, “Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan 2nd ed,” Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
[11] Y. Supriyati, R. Raihanati, and W. Nilawati, “The Development of Horizontal Anchor Items Test Tool by Rasch Model for Physics National Examination using Macromedia Flash”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 37 - 50, Jun. 2020.
[12] M. Masrifah, A. Setiawan, P. Sinaga, and W. Setiawan, “An Investigation of Physics Teachers’ Multiple Representation Ability on Newton’s Law Concept”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 105 - 112, Jun. 2020.
[13] S. Nurazizah, P. Sinaga, and A. Jauhari, “Profil Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 3, no. 2, pp. 197 - 202, Dec. 2017.
[14] W. Sumarni, and S. Kadarwati, ‘‘Ethno-Stem Project-Based Learning: Its Impact to Critical and Creative Thinking Skills’’, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, vol. 9, no. 1, pp. 11-21, 2020.
[15] I. Arifin, I. Wilujeng, and J. Jumadi, “The Effect of Quick on The Draw Model Assisted by The Physics Learning Book Integrated Pancasila Values on Critical Thinking Skill”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 121 - 130, Jun. 2020.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Nilah, N., & Roza, L. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA TOPIK USAHA DAN ENERGI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 9(1), SNF2020PF-75. https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.12

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya