KERAGUAN MAHASISWA DALAM MENJAWAB PERTANYAAN-PERTANYAAN FISIKA JIKA MEMPEROLEH HASIL BERUPA NILAI YANG MEMILIKI BANYAK ANGKA DI BELAKANG KOMA

Authors

  • Nazla Innaya Jln. Ganesha No.10 Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132, Indonesia
  • M. Rizqie Arbie Jln. Ganesha No.10 Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132, Indonesia
  • Sparisoma Viridi Jln. Ganesha No.10 Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.13

Abstract

Abstrak

Ilmu Fisika merupakan pemahaman mengenai bagaimana alam bekerja. Dengan demikian, manusia dapat mengungkapkan keindahan matematika alam melalui studi fisika. Oleh karenanya, pemahaman ilmu fisika menjadi sangat penting walaupun pembelajarannya dipenuhi dengan ragam tantangan. Penelitian ini mengenai keraguan mahasiswa saat menjawab soal fisika dan memperoleh jawaban dengan angka dibelakang koma yang banyak. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online pada 76 mahasiswa di Institut Teknologi Bandung (ITB) setelah perkuliahan fisika selesai untuk mengetahui apa yang dirasakan oleh mahasiswa ketika dihadapkan dengan soal fisika namun memperoleh jawaban dengan angka dibelakang koma yang banyak.

Kemudian diperoleh bahwa 62 mahasiswa ragu dengan jawaban dari soal yang mereka kerjakan. 40 Mahasiswa memilih untuk membaca ulang soal dan menganalisis secara logika, dan 22 mahasiswa memilih untuk menghitung ulang.Penelitian ini juga bertujuan untuk memahami bagaimana proses belajar fisika yang terjadi di kelas dan bagaimana mahasiswa menerima materi yang disampaikan dosen. Produk penelitian ini adalah rekomendasi proses pembelajaran fisika sebagai masukan untuk dosen dan mahasiswa.

Kata-kata kunci: fisis, fisika, dan keraguan.

Abstract

Physics is the understanding of how the world work. Thus, People may find beauty mathematics  through physics. Physics is a very important field although its learning prosess is challenging. This study is performed by colleting responses from 76 students at Institut Teknologi Bandung via an online qustionnaire. Firstly, we study the confidence level of each student when they are required to provide answer to a problem related to significant figure.

We found that 62 students are not confident with their calculated results, 40 students choose to reread the problem, and 22 students choose to redo the problem. Secondly, we analyze student responses to spesific questions related to how one should perform the learning process especially in class. We then design a suitable learning process as a recommendation to both lecturers and students.

Keywords: physical, physics, and uncertain.

References

[1] Cornell University, “Why Physics?,” 2011, http://phystec.physics.cornell.edu/content/why-study-physics (diakses pada tanggal 20 Mei 2020)
[2] Stanford University, Physics Department, “Why Study Physics?,” https://physics.stanford.edu/academics/prospective-students/why-study-physics (diakses pada tanggal 20 Mei 2020)
[3] Kbbi.web.id, https://kbbi.web.id/ (diakses pada tanggal 20 Mei 2020)
[4] Y. Supriyati, R. Raihanati, and W. Nilawati, “The Development of Horizontal Anchor Items Test Tool by Rasch Model for Physics National Examination using Macromedia Flash”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 37 - 50, Jun. 2020.
[5] W. Prastiti, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Melalui Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 5 METRO,” Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung, pp. 62-77, 2017.
[6] N. Nurhayati and L. Angraeni, “Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa (Higher Order Thinking) dalam Menyelesaikan Soal Konsep Optika melalui Model Problem Based Learning”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 3, no. 2, pp. 119 - 126, Dec. 2017.
[7] R. Athiyyah, T. Al Farizi, and D. Nanto, “Improvement of Science Process Skills Through Sound Variable Intensity Level Tool Kit”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 89 - 96, Jun. 2020.
[8] Y. R. Denny, I. S. Utami, S. Rohanah, and D. Muliyati, “The Development of Blended Learning Model using Edmodo to Train Student Critical Thinking Skills on Impulse-Momentum Topic”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 113 - 120, Jun. 2020.
[9] S. Nurazizah, P. Sinaga, and A. Jauhari, “Profil Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 3, no. 2, pp. 197 - 202, Dec. 2017.
[10] M. Masrifah, A. Setiawan, P. Sinaga, and W. Setiawan, “An Investigation of Physics Teachers’ Multiple Representation Ability on Newton’s Law Concept”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 105 - 112, Jun. 2020.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Innaya, N. ., Arbie, M. R. ., & Viridi, S. . (2020). KERAGUAN MAHASISWA DALAM MENJAWAB PERTANYAAN-PERTANYAAN FISIKA JIKA MEMPEROLEH HASIL BERUPA NILAI YANG MEMILIKI BANYAK ANGKA DI BELAKANG KOMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 9(1), SNF2020PF-83. https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.13

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya