PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA KELAUTAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

  • Syifa Nabila Basyir Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No 1. Jakarta Timur, 13220, Indonesia
  • Cecep E. Rustana Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No 1. Jakarta Timur, 13220, Indonesia
  • Firmanul Catur Wibowo Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No 1. Jakarta Timur, 13220, Indonesia

Abstract

Abstrak

Empat tahun terakhir, pengetahuan tentang laut tidak memiliki porsi yang cukup dalam kurikulum Indonesia meskipun kita tahu bahwa dua pertiga bagian Indonesia terdiri dari laut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku pengayaan fisika kelautan berbasis augmented reality yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pesertadidik. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan berbagai tahapan Formative Development Method (FODEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku ini dapat memunculkan objek tentang fisika di bidang kelautan lebih jelas dengan teknologi augmented reality. Jadi, buku ini dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa secara signifikan. Melalui proses validasi oleh para ahli dan pengujian peserta didik, buku pengayaan fisika kelautan berbasis augmented reality ini dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Kata-kata kunci: Buku Pengaan Fisika Kelautan, Augmented Reality, Kemampuan Berpikir Kritis.

Abstract

The last four years, the knowledge about the sea lacks a sufficient portion in Indonesian curriculum even though we know that two-thirds part of Indonesia consists of the sea. Therefore, this research aims to produce physics book of marine based on augmented reality that can be used to improve students' critical thinking skills. This research was developed using various stages of Formative Development Methods (FODEM). The results of this research show that the book can bring up objects about physics in the marine field more clearly with augmented reality technology. So, this book can improve students' critical thinking skills significantly. Through the process of validation by experts and testing of students, this physics book of marine based on augmented reality can be used to improve students' critical thinking skills.

Keywords: Physics Book of Marine, Augmented Reality, Critical Thinking Skills

References

L. Setiono, “Membangun Media Pembelajaran,” 2009.

S. Nurazizah, P. Sinaga, and A. Jauhari, “Profil Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 3, no. 2, pp. 197 - 202, Dec. 2017.

Y. R. Denny, I. S. Utami, S. Rohanah, and D. Muliyati, “The Development of Blended Learning Model using Edmodo to Train Student Critical Thinking Skills on Impulse-Momentum Topic”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 113 - 120, Jun. 2020.

Zubaidah, “Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran,” Kalimantan Barat: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, 2016.

F. C. Wibowo, E. Budi & L. A. Sanjaya, “Development of the Innovative Smart Orbital (ISO) Mediumto Improve the Cognitive Skillson the Heat Transfer Concept,” International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, vol. 19, no. 5, pp. 141-152, 2020.

Masnur Muslich, “Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks,” Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

A. H. Qudwatunna, “Perancangan Ilustrasi Untuk Buku Ensiklopedia Tentang Gunung Meletus,” Disain Komunikasi Visual, 2019.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, “Pedoman Penilaian Buku Nonteks Pembelajaran,” Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.

Bitter, Gary, and Allen Corral, “The Pedagogical Potential Of Augmented Reality Apps,” in International Journal of Engineering Science Invention, vol. 3, no. 10, pp. 13–17, 2014.

D. Ambarwulan and D. Muliyati, “The Design of Augmented Reality Application as Learning Media Marker-Based for Android Smartphone”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 1, pp. 73 - 80, Jun. 2016.

R. T. Azuma, “A Survey of Augmented Reality,” (Presence: Teleoperators and Virtual Environments), pp. 1-3, 1997.

Su Cai, “Applications Of Augmented Reality-Based Natural Interactive Learning In Magnetic Field Instruction,” pp. 778-791, 2017.

F. Bakri, Dadan Sumardani and Dewi Muliyati, “Integrating augmented reality into worksheets: Unveil learning to support higher-order thinking skills,” in AIP Conference Proceedings,” vol. 2169, no. 1, AIP Publishing LLC, 2019.

F. Bakri, Ervina Ervina and Dewi Muliyati, “Practice the higher-order thinking skills in optic topic through physics worksheet equipped with augmented reality,” In AIP Conference Proceedings,” vol. 2169, no. 1, AIP Publishing LLC, 2019.

F. Bakri, B. Z. Siahaan, and A. H. Permana, “Rancangan Website Pembelajaran Terintegrasi dengan Modul Digital Fisika Menggunakan 3D PageFlip Professional”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 2, pp. 113 - 118, Dec. 2016.

H. Hermansyah, Gunawan and Herayanti, “Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang,” in Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol. 2, no. 1, pp. 97-102, 2015.

B. Irawan, “Framework Literasi Kelautan Sebagai Acuan Pembelajaran Sains di Negara Maritim,” in Pedagogi Hayati, vol. 2, no. 1, pp. 14-23, 2018.

C. Cudaback, “Ocean Literacy, There’s More To It Than Content,” in Oceanography Journal, 21st ed, pp. 10–11, 2008.

J. Suhonen, M. R. de Villiers & E. Sutinen, “FODEM: A Multi-Threaded Research and Development Method for Educational Technology,” in Educational Technology Research and Development, vol. 60, no. 2, pp. 287-305, 2012.

G. D. Putra, A. Samsudin & D. Saepuzaman, “Computer Simulation-Assisted Conceptual Change Text (CS-CCT): A FODEM Study On Fluid Dynamics,” in Journal of Physics: Conference Series, vol. 1280, no. 5, p. 052045, IOP Publishing, 2019.

Published
2020-12-31
How to Cite
Basyir, S. N., Rustana, C. E., & Wibowo, F. C. (2020). PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA KELAUTAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS . PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 9(1), SNF2020PF-97. https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.15
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya