PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID DENGAN METODE FODEM PADA MATERI LISTRIK DINAMIS

Authors

  • Ivanzieo Viooli Sulthon Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur, 13220 Indonesia
  • Handjoko Permana Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur, 13220 Indonesia
  • Firmanul Catur Wibowo Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur, 13220 Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.18

Abstract

Abstrak

Pembelajaran fisika akan lebih bermakna jika mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang membuat peserta didik terlibat secara aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Hadirnya teknologi dalam media pembelajaran diharapkan dapat merealisasikan kondisi tersebut. Media pembelajaran yang dimaksud adalah E-Modul berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul berbasis android dengan pendekatan Problem Based Learning sebagai media pembelajaran fisika yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R & D), dengan langkah-langkah FODEM yang meliputi 3 tahapan, yaitu tahap analisis kebutuhan (Needs Analysis), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi formatif (Formative Evaluation). E-Modul ditulis dengan bahasa yang komunikatif, dilengkapi gambar, animasi, simulasi dan video. E-Modul ini berisikan kegiatan belajar yang sesuai dengan sintaks problem-based learning. Penilaian uji validasi yang digunakan berupa kuisioner skala likert dengan responden para ahli (media, materi dan pembelajaran) dan uji keterbacaan dengan responden para guru dan peserta didik. Hasil dari penelitian ini berupa E-Modul berbasis android yang akan divalidasi dan diuji keterbacaan. Berdasarkan hasil kajian pendahuluan, E-Modul yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran mandiri peserta didik.

Kata-kata kunci: E-Modul, Android, Pembelajaran Berbasis Masalah, FODEM.

Abstract

Physics learning will put more emphasis on learning that makes students involved in learning and creative learning processes. The presence of technology in learning media is expected to realize these conditions. The recommended learning media is an Android-based E-Module. This research aims to development of Android-based E-Module with Problem Based Learning approach as a fun and meaningful physics learning media for high school students. The method used in this research is the Research and Development method (R & D), with FODEM steps include 3 stages, there are the needs analysis stage (Needs Analysis), the implementation stage (Implementation), and formative evaluation stage (Formative Evaluation). E-Module are written in communicative language, equipped with images, animations, simulations and videos. his E-Module contains learning activities that are compatible with the syntax of problem-based learning. The validation test assessment used was a Likert scale questionnaire with expert respondents (media, material and learning) and a readability test with respondents of teachers and students. The results of this study were Android-based E-Modules that will be validated and legibility tested. Based on the results of the preliminary study, the E-Module that was developed was suitable for use as a medium for independent learning of students.

Keywords: E-Module, Android, Problem Based Learning, FODEM.

References

[1] F. S. Arista, M. Nasir and Azhar, “Analisis Kesulitan Belajar Fisika Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Pekanbaru,” J. Repos. UNRI, pp. 1-12, 2013.
[2] H. Y. S. X. Hong, “How learning about scientists' struggles influences students' interest and l earning in physics,” Journal of Educational Psychology, vol. 104, no. 2, pp. 469-484, 2012.
[3] Y. T. Chuang, “Increasing Learning Motivation and Student Engagement through the Technology-Supported Learning Environment,” Creative Education, pp. 1969-1978, 2014.
[4] A. C. Dewi, “Pengembangan Modul Elektronik Pada Mata Pelajaran Produktif Kompetensi Etimologi Multimedia Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan,” Jurnal Pendidikan Teknik Informasi, p. 3, 2016.
[5] T. Woo, “Developing Quality Learning Materials for Effective Teaching and Learning in an ODL Environment: Making The Jump From Print Modules to Online Modules,” AAOU Journal, vol. 6, no. 1, pp. 53-55, 2011.
[6] M. Imaduddin, “Modul Q-Sets Sebagai Rekayasa Bahan Ajar Kimia Yang Bermuatan Quantum Learning Dan Bervisi Salingtemas,” Jurnal Universitas Negeri Semarang, 2013.
[7] N. Ganesan, “Rapid Development of Multimedia Instructional Modules for Information Technology Education,” Journal of International Technology and Information Management, vol. 18, no. 1, pp. 91-94, 2009.
[8] J. N. V. Calimag, P. A. G. Miguel and R. S. Conde, “Ubiquitous learning environment using android mobile application,” International Journal of Research in Engineering & Technology, vol. 2, no. 2, pp. 119-128, 2014.
[9] F. S. Arista and H. Kuswanto, “Virtual Physics Laboratory Application Based on the Android Smartphone to Improve Learning Independence and Conceptual Understanding,” International Journal of Instruction, vol. 11, no. 1, pp. 1-16, 2018.
[10] M. Huda, “Model-model Pengajaran dan Pembelajaran,” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
[11] M. Muslim, “Implementasi Model Pembelajaran Argumentasi Dialogis dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMA,” jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 13 - 18, Dec. 2015.
[12] F. Fathiah, I. Kaniawati and S. Utari, “Analisis Didaktik Pembelajaran yang Dapat Meningkatkan Korelasi antara Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis,” jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 111 - 118, Jun. 2015.
[13] A. P. Sari, S. Feranie and S. Karim, “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Multirepresentasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Konsistensi Ilmiah Berbasis Multirepresentasi pada Materi Elastisitas,” JPPPF, vol. 1, no. 2, pp. 45 - 50, 2015.
[14] F. Alrababah, “The Effectiveness of Problem–Based Learning Strategy In The Development of Science Operations Amonh The Ninth Grade Female Students,” British Journal of Education, vol. 5, no. 2, pp. 1-9, 2017.
[15] J. Suhonen, M. R. De Villiers and E. Sutinen, “FODEM: a multi-threaded research and development method for educational technology,” Education Tech Research Dev, pp. 287-305, 2012.
[16] F. C. Wibowo et al., “Mobile Digital Education (MDE) for increasing competence of students based on E-Characters Mental Revolution (E-CMR),” J. Phys.: Conf. Ser. 1402 066075, pp. 1-6, 2019.
[17] D. Ambarwulan and D. Muliyati, “The Design of Augmented Reality Application as Learning Media Marker-Based for Android Smartphone”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 1, pp. 73 - 80, Jun. 2016.
[18] P. Sinulingga, T. J. Hartanto, and B. Santoso, “Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 1, pp. 57 - 64, Jun. 2016.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Sulthon, I. V. ., Permana, H. ., & Wibowo, F. C. . (2020). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID DENGAN METODE FODEM PADA MATERI LISTRIK DINAMIS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 9(1), SNF2020PF-123. https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.18

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya