PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL TWITTER PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI KELAS XI SMA

Authors

  • Lilis Sri Kurniastuti Program Studi Pedidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Siswoyo Siswoyo Program Studi Pedidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Riser Fahdiran Program Studi Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka, Jakarta Timur, 13220, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.21

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis media sosial Twitter pada materi pemanasan global untuk kelas XI SMA dan dapat meningkatkan kesadaran peserta didik tentang dampak pemanasan global yang terjadi saat ini. Media pembelajaran berbasis media sosial Twitter mengunggah materi pembelajaran dalam bentuk gambar dan video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang dikemukakan oleh Lee & Owens (2004) (1) Penilaian atau Analisis yang terdiri dari dua bagian utama yaitu Penilaian Kebutuhan dan Analisis Depan-Akhir, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, lembar angket uji coba guru dan lembar angket uji coba peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis kualitatif. Hasil pengembangan yang akan diperoleh dari hasil penilaian validator dan kelayakan produk yang telah di uji coba.

Kata-kata kunci: Twitter, Pemanasan Global

Abstract

The purpose of this research is to develop social media-based learning via Twitter on global warming subject for XI high school class and that can increase students awarness about the impact of global warming that is happening right now. Uploading image and video the subject of learning on Twitter as social media based learning. This research is a research and development (R&D) model with ADDIE proposed by Lee & Owens (2004) (1) Assessment or Analysis which consists of two main parts, namely Needs Assessment and Front-End Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, and (5) Evaluation. Data collection instruments were in the form of media expert validation sheets, material expert validation sheets, teacher trial questionnaire sheets and student questionnaire trial sheets. The data analysis technique used is qualitative analysis. The results of the development will be obtained from the results of the validator assessment and the feasibility of the products that have been tested.

Keywords: Twitter, global warming

References

[1] P. Sinulingga, T. J. Hartanto, and B. Santoso, “Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 1, pp. 57 - 64, Jun. 2016.
[2] R. Athiyyah, T. Al Farizi, and D. Nanto, “Improvement of Science Process Skills Through Sound Variable Intensity Level Tool Kit”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 89 - 96, Jun. 2020.
[3] R. Haryadi and H. Pujiastuti, “The Science Literacy Capabilities Profile Using Guided Inquiry Learning Models”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 81 - 88, Jun. 2020.
[4] A. Anita and F. Novianty, “The Students’ Characters Analysis in Physics Learning Process”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 75 - 80, Jun. 2020.
[5] I. S. Utami, M. Vitasari, I. Langitasari, I. Sugihartono, and Y. Rahmawati, “The Local Wisdom-Based STEM Worksheet to Enhance the Conceptual Understanding of Pre-service Physics Teacher”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 97 - 104, Jun. 2020.
[6] Astuti, Sumarni and Saraswati, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android,” JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 3, no. 1, pp. 57-62, 2017.
[7] Katadata.co.id, “Pengguna Smartphone di Indonesia 2016-2019,” 8 Agustus 2016, [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/08/pengguna-smartphone-di-indonesia-2016-2019, [Accessed 9 Desember 2019].
[8] Clinten, “Pengguna Aktif Harian Twitter Indonesi Diklaim Terbanyak,” 10 October 2019, [Online]. Available: https://tekno.kompas.com/read/2019/10/30/16062477/pengguna-aktif-harian-twitter-indonesia-diklaim-terbanyak, [Accessed 9 December 2019].
[9] Bandjar, Warouw and Marentek, “Dampak Penggunaan Twitter Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris (Ditinjau dari Persepsi Mahasiswa),” Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, vol. 3, no. 3, pp. 1-14, 2019.
[10] Mokodompit, “Ahli Kode Dalam Twitter,” Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, vol. 2, no. 1, 2013.
[11] Bandjar, Warouw and Marentek, “Dampak Penggunaan Twitter Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris (Ditinjau dari Persepsi Mahasiswa),” Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, vol. 3, no. 3, pp. 1-14, 2019.
[12] Khamida, Rudyatmi and Christijanti, “Pemanfaatan Jejaring Sosial Twitter Sebagai Self Assessment Online untuk Mendukung Kesiapan Siswa Pada Pembelajaran Sistem Pencernaan,” Journal of Biology Education, vol. 3, no. 2, pp. 180-185, 2014.
[13] Pertiwi, Suciati and Probosari, “Penerapan Model Guided Inquiry Berbantu Twitter untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Biologi Kelas X SMA Batik 1 Surakarta,” In Proceding Biology Education Conference: Biology, Science, Environmetal, and Learning, vol. 10, no. 1, 2013.
[14] Mandasari, “Pemanfaatan Twitter Sebagai Sumber Belajar Geografi dalam Perkuliahan di Jurusan Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta,” Geo Education-S1, vol. 1, no. 10, 2016.
[15] Tobing, “Pengembangan Media Infografis pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 19 Surabaya,” Inovasi Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 3, pp. 196-202, 2017.
[16] Asfuriyah and Nuswowati, “Pengembangan Majalah Sains Berbasis Contextual Learning pada Tema Pemanasan Global untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa,” Unnes Science Education Jurnal, vol. 4, no. 1, pp. 739-746, 2015.
[17] Lee and Owens, “Multimedia-based Instructional Design,” California: Pfeiffer, 2004.






[1] P. Sinulingga, T. J. Hartanto, and B. Santoso, “Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 1, pp. 57 - 64, Jun. 2016.
[2] R. Athiyyah, T. Al Farizi, and D. Nanto, “Improvement of Science Process Skills Through Sound Variable Intensity Level Tool Kit”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 89 - 96, Jun. 2020.
[3] R. Haryadi and H. Pujiastuti, “The Science Literacy Capabilities Profile Using Guided Inquiry Learning Models”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 81 - 88, Jun. 2020.
[4] A. Anita and F. Novianty, “The Students’ Characters Analysis in Physics Learning Process”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 75 - 80, Jun. 2020.
[5] I. S. Utami, M. Vitasari, I. Langitasari, I. Sugihartono, and Y. Rahmawati, “The Local Wisdom-Based STEM Worksheet to Enhance the Conceptual Understanding of Pre-service Physics Teacher”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 97 - 104, Jun. 2020.
[6] Astuti, Sumarni and Saraswati, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android,” JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 3, no. 1, pp. 57-62, 2017.
[7] Katadata.co.id, “Pengguna Smartphone di Indonesia 2016-2019,” 8 Agustus 2016, [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/08/pengguna-smartphone-di-indonesia-2016-2019, [Accessed 9 Desember 2019].
[8] Clinten, “Pengguna Aktif Harian Twitter Indonesi Diklaim Terbanyak,” 10 October 2019, [Online]. Available: https://tekno.kompas.com/read/2019/10/30/16062477/pengguna-aktif-harian-twitter-indonesia-diklaim-terbanyak, [Accessed 9 December 2019].
[9] Bandjar, Warouw and Marentek, “Dampak Penggunaan Twitter Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris (Ditinjau dari Persepsi Mahasiswa),” Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, vol. 3, no. 3, pp. 1-14, 2019.
[10] Mokodompit, “Ahli Kode Dalam Twitter,” Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, vol. 2, no. 1, 2013.
[11] Bandjar, Warouw and Marentek, “Dampak Penggunaan Twitter Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris (Ditinjau dari Persepsi Mahasiswa),” Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, vol. 3, no. 3, pp. 1-14, 2019.
[12] Khamida, Rudyatmi and Christijanti, “Pemanfaatan Jejaring Sosial Twitter Sebagai Self Assessment Online untuk Mendukung Kesiapan Siswa Pada Pembelajaran Sistem Pencernaan,” Journal of Biology Education, vol. 3, no. 2, pp. 180-185, 2014.
[13] Pertiwi, Suciati and Probosari, “Penerapan Model Guided Inquiry Berbantu Twitter untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Biologi Kelas X SMA Batik 1 Surakarta,” In Proceding Biology Education Conference: Biology, Science, Environmetal, and Learning, vol. 10, no. 1, 2013.
[14] Mandasari, “Pemanfaatan Twitter Sebagai Sumber Belajar Geografi dalam Perkuliahan di Jurusan Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta,” Geo Education-S1, vol. 1, no. 10, 2016.
[15] Tobing, “Pengembangan Media Infografis pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 19 Surabaya,” Inovasi Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 3, pp. 196-202, 2017.
[16] Asfuriyah and Nuswowati, “Pengembangan Majalah Sains Berbasis Contextual Learning pada Tema Pemanasan Global untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa,” Unnes Science Education Jurnal, vol. 4, no. 1, pp. 739-746, 2015.
[17] Lee and Owens, “Multimedia-based Instructional Design,” California: Pfeiffer, 2004.







[1] P. Sinulingga, T. J. Hartanto, and B. Santoso, “Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 1, pp. 57 - 64, Jun. 2016.
[2] R. Athiyyah, T. Al Farizi, and D. Nanto, “Improvement of Science Process Skills Through Sound Variable Intensity Level Tool Kit”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 89 - 96, Jun. 2020.
[3] R. Haryadi and H. Pujiastuti, “The Science Literacy Capabilities Profile Using Guided Inquiry Learning Models”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 81 - 88, Jun. 2020.
[4] A. Anita and F. Novianty, “The Students’ Characters Analysis in Physics Learning Process”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 75 - 80, Jun. 2020.
[5] I. S. Utami, M. Vitasari, I. Langitasari, I. Sugihartono, and Y. Rahmawati, “The Local Wisdom-Based STEM Worksheet to Enhance the Conceptual Understanding of Pre-service Physics Teacher”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 97 - 104, Jun. 2020.
[6] Astuti, Sumarni and Saraswati, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android,” JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 3, no. 1, pp. 57-62, 2017.
[7] Katadata.co.id, “Pengguna Smartphone di Indonesia 2016-2019,” 8 Agustus 2016, [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/08/pengguna-smartphone-di-indonesia-2016-2019, [Accessed 9 Desember 2019].
[8] Clinten, “Pengguna Aktif Harian Twitter Indonesi Diklaim Terbanyak,” 10 October 2019, [Online]. Available: https://tekno.kompas.com/read/2019/10/30/16062477/pengguna-aktif-harian-twitter-indonesia-diklaim-terbanyak, [Accessed 9 December 2019].
[9] Bandjar, Warouw and Marentek, “Dampak Penggunaan Twitter Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris (Ditinjau dari Persepsi Mahasiswa),” Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, vol. 3, no. 3, pp. 1-14, 2019.
[10] Mokodompit, “Ahli Kode Dalam Twitter,” Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, vol. 2, no. 1, 2013.
[11] Bandjar, Warouw and Marentek, “Dampak Penggunaan Twitter Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris (Ditinjau dari Persepsi Mahasiswa),” Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, vol. 3, no. 3, pp. 1-14, 2019.
[12] Khamida, Rudyatmi and Christijanti, “Pemanfaatan Jejaring Sosial Twitter Sebagai Self Assessment Online untuk Mendukung Kesiapan Siswa Pada Pembelajaran Sistem Pencernaan,” Journal of Biology Education, vol. 3, no. 2, pp. 180-185, 2014.
[13] Pertiwi, Suciati and Probosari, “Penerapan Model Guided Inquiry Berbantu Twitter untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Biologi Kelas X SMA Batik 1 Surakarta,” In Proceding Biology Education Conference: Biology, Science, Environmetal, and Learning, vol. 10, no. 1, 2013.
[14] Mandasari, “Pemanfaatan Twitter Sebagai Sumber Belajar Geografi dalam Perkuliahan di Jurusan Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta,” Geo Education-S1, vol. 1, no. 10, 2016.
[15] Tobing, “Pengembangan Media Infografis pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 19 Surabaya,” Inovasi Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 3, pp. 196-202, 2017.
[16] Asfuriyah and Nuswowati, “Pengembangan Majalah Sains Berbasis Contextual Learning pada Tema Pemanasan Global untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa,” Unnes Science Education Jurnal, vol. 4, no. 1, pp. 739-746, 2015.
[17] Lee and Owens, “Multimedia-based Instructional Design,” California: Pfeiffer, 2004.





P. Sinulingga, T. J. Hartanto, and B. Santoso, “Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 1, pp. 57 - 64, Jun. 2016.
[2] R. Athiyyah, T. Al Farizi, and D. Nanto, “Improvement of Science Process Skills Through Sound Variable Intensity Level Tool Kit”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 89 - 96, Jun. 2020.
[3] R. Haryadi and H. Pujiastuti, “The Science Literacy Capabilities Profile Using Guided Inquiry Learning Models”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 81 - 88, Jun. 2020.
[4] A. Anita and F. Novianty, “The Students’ Characters Analysis in Physics Learning Process”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 75 - 80, Jun. 2020.
[5] I. S. Utami, M. Vitasari, I. Langitasari, I. Sugihartono, and Y. Rahmawati, “The Local Wisdom-Based STEM Worksheet to Enhance the Conceptual Understanding of Pre-service Physics Teacher”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 97 - 104, Jun. 2020.
[6] Astuti, Sumarni and Saraswati, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android,” JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 3, no. 1, pp. 57-62, 2017.
[7] Katadata.co.id, “Pengguna Smartphone di Indonesia 2016-2019,” 8 Agustus 2016, [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/08/pengguna-smartphone-di-indonesia-2016-2019, [Accessed 9 Desember 2019].
[8] Clinten, “Pengguna Aktif Harian Twitter Indonesi Diklaim Terbanyak,” 10 October 2019, [Online]. Available: https://tekno.kompas.com/read/2019/10/30/16062477/pengguna-aktif-harian-twitter-indonesia-diklaim-terbanyak, [Accessed 9 December 2019].
[9] Bandjar, Warouw and Marentek, “Dampak Penggunaan Twitter Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris (Ditinjau dari Persepsi Mahasiswa),” Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, vol. 3, no. 3, pp. 1-14, 2019.
[10] Mokodompit, “Ahli Kode Dalam Twitter,” Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, vol. 2, no. 1, 2013.
[11] Bandjar, Warouw and Marentek, “Dampak Penggunaan Twitter Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris (Ditinjau dari Persepsi Mahasiswa),” Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, vol. 3, no. 3, pp. 1-14, 2019.
[12] Khamida, Rudyatmi and Christijanti, “Pemanfaatan Jejaring Sosial Twitter Sebagai Self Assessment Online untuk Mendukung Kesiapan Siswa Pada Pembelajaran Sistem Pencernaan,” Journal of Biology Education, vol. 3, no. 2, pp. 180-185, 2014.
[13] Pertiwi, Suciati and Probosari, “Penerapan Model Guided Inquiry Berbantu Twitter untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Biologi Kelas X SMA Batik 1 Surakarta,” In Proceding Biology Education Conference: Biology, Science, Environmetal, and Learning, vol. 10, no. 1, 2013.
[14] Mandasari, “Pemanfaatan Twitter Sebagai Sumber Belajar Geografi dalam Perkuliahan di Jurusan Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta,” Geo Education-S1, vol. 1, no. 10, 2016.
[15] Tobing, “Pengembangan Media Infografis pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 19 Surabaya,” Inovasi Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 3, pp. 196-202, 2017.
[16] Asfuriyah and Nuswowati, “Pengembangan Majalah Sains Berbasis Contextual Learning pada Tema Pemanasan Global untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa,” Unnes Science Education Jurnal, vol. 4, no. 1, pp. 739-746, 2015.
[17] Lee and Owens, “Multimedia-based Instructional Design,” California: Pfeiffer, 2004.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Kurniastuti, L. S. ., Siswoyo, S., & Fahdiran, R. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL TWITTER PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI KELAS XI SMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 9(1), SNF2020PF-143. https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.21

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya